Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjaran Buruh Berjuang Jalin Kerja Sama dengan APINDO

Sabtu, 01 April 2023 – 00:18 WIB
Ganjaran Buruh Berjuang Jalin Kerja Sama dengan APINDO - JPNN.COM
Perwakilan Ganjaran Buruh Berjuang saat bertemu dengan DPP APINDO. Dok GBB.

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menggelar pertemuan dengan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP APINDO) di Permata Kuningan, Jakarta.

Dalam kegiatan itu, GBB diwakili Lukman Hakim selaku Ketua Umum GBB. Kemudian Feri Indriyanto selaku Pembina GBB dan Kelik Ismunanto selaku Sekjen GBB.

Ketua Umum APINDO Hariyadi mengatakan bahwa di pertemuan itu dia menyinggung soal tantangan yang dihadapi oleh industri nasional, terutama turunnya penyerapan tenaga kerja.

“Investasi di Indonesia sebetulnya terus tumbuh, tetapi penyerapan tenaga kerjanya terus menyusut,” ujar dia dalam siaran persnya, Jumat (31/3).

Dia mengungkapkan pada 2013 nilai investasi di Indonesia mencapai Rp 398,3 triliun dan menyerap 1,82 juta tenaga kerja.

Artinya, investasi per Rp 1 triliun menyerap 4.594 orang tenaga kerja. Sementara pada 2022, jumlah investasi mencapai 1.207 triliun dan menyerap 1,3 juta orang. Investasi per Rp 1 triliun hanya menyerap 1.081 orang tenaga kerja.

“Investasinya naik tiga kali lipat, tetapi penyerapan tenaga kerjanya justru menyusut sangat signifikan. Padahal, perbaikan kesejahteraan rakyat ini sangat terkait dengan perluasan lapangan kerja,” ujar dia.

Menurut dia, fenomena di atas menunjukkan kecenderungan pengusaha mengarah pada industri padat modal atau capital intensive industry. Di sisi lain, Indonesia berhadapan dengan bonus demografi.

Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menjalin pertemuan dan kerja sama dengan DPP APINDO.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close