Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa 5,5 Magnitudo Guncang Kabupaten Berau, Warga Sempat Panik

Senin, 16 September 2024 – 19:48 WIB
Gempa 5,5 Magnitudo Guncang Kabupaten Berau, Warga Sempat Panik - JPNN.COM
Bencana gempa bumi mengguncang kawasan Kabupaten Berau, Kaltim. Dok: BMKG.

jpnn.com, BERAU - Bencana gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, pada Minggu, (15/9) pukul 20.08 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa berada di darat pada koordinat 1,28°LU – 118,42°BT, dengan kedalaman hiposenter 10 kilometer.

"Pusat gempa terletak 145 km tenggara Berau, 163 km timur laut Kutai Timur, dan 240 km tenggara Tanjungselor, Kalimantan Utara," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam siaran persnya, Senin (16/9).

Dia menyebut guncangan gempa dirasakan pada skala intensitas IV MMI di Karangan dan Maratua, Berau, serta skala III MMI di Kabupaten Berau dan Kutai Timur.

Di wilayah Samarinda, Bontang, Bulungan, dan Malinau, gempa terasa dengan intensitas yang lebih ringan, skala II MMI.

Tidak lama setelah gempa utama, pada pukul 20.39, terjadi gempa susulan dengan magnitudo 3,9 di wilayah yang sama. Hingga pukul 07.00 pagi ini, telah terjadi sebanyak 18 kali gempa susulan di area tersebut.

"Berdasarkan laporan yang diterima BNPB, gempa ini dirasakan selama dua hingga tiga detik di Kabupaten Berau, menyebabkan kepanikan di kalangan warga," ujar dia.

Banyak warga keluar rumah untuk mencari tempat aman. Di pesisir pantai Batu Putih, beberapa warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi sebagai langkah antisipasi gempa susulan dan potensi tsunami, meskipun BMKG telah mengonfirmasi bahwa gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.

Gempa bumi berkekuatan 5,5 magnitudo mengguncang Kabupaten Berau, Kaltim dan menyebabkan warga sekitar panik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA