Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

GP Ansor Gelar Salat Minta Hujan Demi Atasi Bencana Asap

Jumat, 30 Oktober 2015 – 14:36 WIB
GP Ansor Gelar Salat Minta Hujan Demi Atasi Bencana Asap - JPNN.COM
Ratusan anggota Banser GP Ansor menggelar salat istisqo di kantor GP Ansor, Kramat Raya, Jakarta. Foto: Banser GP Ansor for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ratusan Banser GP Ansor menggelar salat Istisqo di kompleks kantor GP Ansor, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Jumat (30/10). Pelaksanaan ibadah meminta hujan ini sebagai keprihatinan atas musibah kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana asap.

Kepala Satuan Koordinator Nasional (Kasatkornas) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Alfa Isnaini mengatakan, sebagai rakyat yang beriman, maka dalam menghadapi musibah haruslah dengan kesabaran, bersatu dan bekerja keras, serta tidak saling menyalahkan atas penanganannya. 

Apalagi, bencana asap ini juga efek dari fenomena global yang menimpa berbagai negara di belahan dunia, termasuk Indonesia, yaitu di daerah Sumatera dan Kalimantan bahkan sudah sampai ke Sulawesi dan Papua.

"Kami mengimbau seluruh anggota GP Ansor untuk turut serta mengajak masyarakat untuk menyikapi kejadian kebakaran lahan dan hutan dengan hati dan kepala dingin serta bersikap proporsional, dan jangan sampai disibukkan untuk saling menyalahkan dan mendiskreditkan pihak-pihak tertentu," kata Alfa, seusai pelaksanaan salat Istisqo.

Menurut Alfa, jikapun memang ada yang bersalah, GP Ansor meminta untuk diserahkan sepenuhnya penengannya kepada aparat keamanan atau pihak yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Semua pihak termasuk anggota GP Ansor dimohon untuk fokus, bekerjasama, bahu-membahu tehadap upaya-upaya penanganan bencana sesuai dengan kemampuan masing-masing yang bisa dilakukan," tandasnya.

Sehubungan dengan adanya ajakan dari pihak-pihak tertentu untuk memboikot produk yang terkait kebakaran lahan dan hutan, GP Ansor mengimbau untuk tidak terpancing dan wajib turut menghentikan boikot tersebut karena akan merugikan perekonomian nasional. 

Alfa menegaskan, ajakan boikot terkait hal yang berkaitan dengan faktor kebakaran lahan dan hutan seperti memboikot sawit dan lainnya justru merupakan sikap tidak bertanggungjawab dan terkesan hanya mencari kambing hitam dalam persoalan kebakaran yang menimbulkan bencana asap.

JAKARTA - Ratusan Banser GP Ansor menggelar salat Istisqo di kompleks kantor GP Ansor, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Jumat (30/10). Pelaksanaan ibadah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close