Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Guru Besar USU Ajak Masyarakat Peduli Tanah

Selasa, 22 Desember 2020 – 19:11 WIB
Guru Besar USU Ajak Masyarakat Peduli Tanah - JPNN.COM
Kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Pertanian USU dan HITI Komda Sumut, menggelar pelatihan pembuatan vermikompos di Medan Johor. Foto: Ist for jpnn.com.

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Tengku Sabrina Djunita mengajak semua kalangan untuk peduli terhadap lingkungan, terutama tanah.

Sebab, menurut Ketua Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI) Komda Sumut ini, di dalam tanah ada kehidupan yang terhubung ke kehidupan manusia.  

Itulah sebabnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sampai menetapkan Hari Tanah Se-dunia yang diperingati setiap 5 Desember.

Menurut Prof Sabrina, penetapan Hari Tanah merupakan sebuah gerakan yang diimbau oleh Food and Agriculture Organization (FAO).

Peringatan pada tahun ini mengangkat thema 'Keep Soil Alive, Protect Soil Biodiversity'.

"Kami (Fakultas Pertanian USU dan HITI Sumut) melakukan penghijauan di daerah sekitar daerah aliran sungai (DAS) Babura di Medan Johor dan pelatihan pembuatan vermikompos," ujar Prof Sabrina dalam keterangannya, Selasa (22/12).

Prof Sabrina menjelaskan, langkah penghijauan diambil mengingat kondisi Kota Medan yang sudah gersang.

Selain itu, di DAS juga sudah sedikit tanaman penahan tanah dan peyimpan air.

Guru Besar Fakultas Pertanian USU mengajak masyarakat untuk peduli terhadap tanah, karena terhubung dengan kehidupan manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close