Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus Nabil: Bangkitkan Kembali Jalur Rempah Nusantara dengan Semangat Baru

Minggu, 15 Desember 2019 – 22:48 WIB
Gus Nabil: Bangkitkan Kembali Jalur Rempah Nusantara dengan Semangat Baru - JPNN.COM
Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, BOYOLALI - Jalur Rempah Nusantara merupakan jalur perdagangan penting yang menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat maritim. Saat ini, penting untuk membangkitkan Jalur Rempah Nusantara dengan semangat baru.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen saat Sosialisasi Obat Tradisional di Gedung Serbaguna Butuh, Boyolali, Sabtu (14/12/2019).

Sosialisasi ini merupakan kerja sama antara DPR RI dengan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Agenda ini dihadiri oleh ratusan pengusaha obat tradisional, komunitas pecinta obat tradisional, dan perwakilan ormas.

Dalam kesempatan itu, Gus Nabil sapaan Nabil Haroen menegaskan pentingnya membangkitkan Jalur Rempah Nusantara. Menurutnya, kita punya khazanah obat tradisional yang mendunia. Ada banyak sekali rempah-rempah yang dapat diramu menjadi obat. Bahkan, sekarang ini, masyarakat dunia cenderung mencari obat herbal, yang tidak punya efek negatif dari bahan kimia.

“Indonesia adalah surga dari tanaman herbal, jadi obat tradisional,” kata Gus Nabil.

Dia juga menegaskan pentongnya riset dan penggunaan inovasi digital. Dulu ada jalur Keramik, Jalur Sutra dan Jalur Rempah.

“Itu semua jalur perdagangan yang menghubungkan Barat dan Timur, perdagangan global. Kita punya potensi besar membangkitkan Jalur Rempah. Caranya bagaimana? Dengan riset, pemetaan potensi, perbaikan packaging, ekspansi pasar, penggunaan teknologi digital,” ujar Gus Nabil.

Menurutnya, saatnya Jalur rempah bangkit dan mendunia. Sudah saatnya rempah dan obat tradisional mendunia kembali. Kita punya cengkeh, tembakau, sarang walet, dan ribuan komoditas rempah dan obat tradisional.

Menurut Gus Nabil, saatnya jalur rempah bangkit dan mendunia. Sudah saatnya rempah dan obat tradisional mendunia kembali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close