Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadapi Era Metaverse, Kominfo Ajak Masyarakat Tumbuhkan Kesadaran Keamanan Diri

Jumat, 30 September 2022 – 20:49 WIB
Hadapi Era Metaverse, Kominfo Ajak Masyarakat Tumbuhkan Kesadaran Keamanan Diri - JPNN.COM
Metaverse. Foto tangkapan layar

jpnn.com, BANDUNG - Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Prof. Widodo Muktiyo bicara tentang era metaverse.

Menurutnya, konektivitas atau tol virtual antarmanusia membutuhkan berbagai koridor.

Kecakapan teknis, kecakapan etis, bahkan harus dibangun juga sebuah kesadaran budaya agar masyarakat bisa diuntungkan dengan adanya teknologi digital.

Hal itu disampaikan dalam Focus Group Discussion Komunikasi Publik dan Massa bertajuk Masa Depan Komunikasi Publik di Era Metaverse, yang digelar di Bandung, Rabu (28/9).

“Yang tidak kalah pentingnya kita dituntut punya kesadaran yang sangat kuat terhadap keamanan data kita. Kunci keamanan data kita sebetulnya tidak lain diri kita. Oleh sebab itu, kesadaran itu menjadi bagian penting yang diupayakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo,” ujar Prof. Widodo.

Menurut Prof. Widodo dalam menghadapi era revolusi digital harus ada kesadaran baru yang dimunculkan, agar manusia tidak dirugikan oleh digitalisasi.

Oleh karena itu, Prof. Widodo menekankan pentingnya memahami metaverse secara komprehensif, melalui literasi digital dan peningkatan pemahaman mengenai skill, perhatian kepada security dan aspek-aspek lain terkait pengembangan sumber daya manusia di bidang digital.

“Harapan kita supaya pemahaman tentang masa depan komunikasi publik di era metaverse ini akan menjadi komunikasi yang makin membawa keadaban masyarakat Indonesia menjadi lebih bagus,” serunya.

Kominfo menggelar diskusi bertajuk Masa Depan Komunikasi Publik di Era Metaverse.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close