Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Haji Ramli Meminta Jokowi Memastikan Vaksin COVID-19 Aman dan Halal

Selasa, 22 Desember 2020 – 07:05 WIB
Haji Ramli Meminta Jokowi Memastikan Vaksin COVID-19 Aman dan Halal - JPNN.COM
Vaksin Covid-19 tiba di Bandung. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, ACEH BARAT - Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS berharap Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan guna meyakinkan masyarakat bahwa vaksin COVID-19 yang akan didistribusikan pada tahun 2021 dalam kondisi aman dan halal.

Sehingga diharapkan saat proses vaksinasi dilakukan, tidak menimbulkan penolakan dari kalangan masyarakat di Tanah Air.

“Saya berharap kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan, agar dapat meyakinkan rakyat bahwa vaksin COVID-19 ini betul-betul aman dan halal ketika digunakan (disuntik) nantinya,” kata Bupati Ramli MS di Meulaboh, Senin (21/12).

Ramli mengatakan, saat ini masih terdapat berbagai sikap pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia, terkait upaya pemerintah untuk melakukan vaksinasi guna memutus mata rantai pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Bentuk pro kontra tersebut yakni masih banyaknya silang pendapat para ahli kesehatan termasuk tokoh masyarakat dan pemuka agama di Tanah Air, yang menyikapi rencana vaksinasi tersebut.

Guna menghindari konflik dan gejolak di masyarakat yang dikhawatirkan akan timbul di kemudian hari, Ramli menyarankan kepada pemerintah pusat agar betul-betul dapat meyakinkan seluruh rakyat di Indonesia bahwa vaksin COVID-19 aman bagi kesehatan.

Menurut Ramli MS, apabila pemerintah tidak bisa meyakinkan masyarakat bahwa vaksin tersebut aman, maka hal ini dikhawatirkan akan menjadi fitnah bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sehingga dikhawatirkan akan menjadi konflik baru di tengah-tengah masyarakat.

Namun, lanjutnya, apabila pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atau Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan bahwa vaksin tersebut benar-benar aman dan halal ketika digunakan, maka hal tersebut tidak akan lagi menjadi polemik di masyarakat.

Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS meminta Presiden Jokowi memastikan bahwa vaksin COVID-19 aman dan halal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close