Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hari HAM Sedunia, Ini Janji Presiden Joko Widodo soal Kemanusiaan dan Investasi

Jumat, 10 Desember 2021 – 21:52 WIB
Hari HAM Sedunia, Ini Janji Presiden Joko Widodo soal Kemanusiaan dan Investasi - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menjanjikan bahwa pemenuhan hak asasi manusia (HAM) di bidang sosial, ekonomi, dan budaya harus diupayakan secara terus-menerus.

Namun, pria yang akrab disapa Jokowi itu mengingatkan pemerintah harus mengentaskan kemiskinan ekstrem hingga nol persen dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dengan membuka kesempatan kerja seluas-luasnya.

"Kami harus menjamin akses pelayanan pendidikan dan kesehatan yang terjangkau dan merata. Dan kami harus menjamin kebebasan beragama serta kebebasan menjaga adat dan budaya," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara peringatan Hari HAM Sedunia 2021 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/12).

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan pemerintah terus bekerja keras untuk membangun dari pinggiran, desa, dan perbatasan demi meningkatkan akses keadilan sosial, ekonomi, dan budaya bagi seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada.

Pemerintah juga membangun infrastruktur yang merata ke seluruh penjuru tanah air, membuka investasi untuk hilirisasi yang membuka banyak lapangan kerja.

"Gol dari investasi, hilirisasi, industrialisasi adalah membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya dan kami tahu untuk tahun ini investasi di luar Jawa ini lebih besar dari investasi yang ada di Pulau Jawa. Dan memberikan bantuan sosial untuk membantu kelompok masyarakat yang kurang beruntung," imbuhnya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga menyampaikan pemerintah juga terus bekerja keras untuk mengundang investasi dari dalam maupun luar negeri, menerbitkan Undang-Undang Cipta Kerja, memperbaiki ekosistem investasi, termasuk perbaikan perizinan usaha melalui Online Single Submission (OSS).

Upaya-upaya tersebut dilakukan dalam rangka membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya, yang berkualitas bagi seluruh warga negara Indonesia.

Presiden Joko Widodo menyampaikan komitmennya mengenai isu hak asasi manusia saat peringatan Hari HAM Sedunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close