Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hari Ini Komisi II Rapat dengan Mendagri-KPU, Bahas Penundaan Pilkada Serentak?

Senin, 21 September 2020 – 08:55 WIB
Hari Ini Komisi II Rapat dengan Mendagri-KPU, Bahas Penundaan Pilkada Serentak? - JPNN.COM
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi II DPR hari ini, Senin (21/9), akan membahas pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, KPU, Bawaslu dan DKPP.

Akan tetapi, agenda dalam forum rapat kerja tersebut bukan untuk membahas banyaknya desakan penundaan pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember mendatang.

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan rapat itu justru untuk memastikan kesiapan pelaksanaan tahapan Pilkada berikutnya.

"Utamanya merumuskan aturan-aturan yang lebih kuat, tegas, dan ketat dalam penegakan disiplin dan penerapan sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 pada Pilkada Serentak 2020," kata Doli dalam keterangan tertulis yang diterima jpnn.com, Minggu malam (20/9).

Dalam forum itu, Komisi II akan meminta penjelasan dari KPU tentang perubahan Peraturan KPU yang mengatur seluruh tahapan terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

"Selain penguatan PKPU, kami juga mendorong agar pemerintah segera menyusun dan menerbitkan Perppu yang lebih tegas dalam penegakan disiplin dan penerapan sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan Covid-19," lanjut legislator Partai Golkar itu.

Wakil rakyat dari Dapil Sumut III itu menuturkan bahwa hingga saat ini pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 masih berjalan sebagaimana yang direncanakan dan terkendali meski di tengah pandemi Covid-19.

Dia juga bersyukur karena masa pendaftaran calon pada 4-6 September lalu tidak menjadi klaster baru penyebaran coronavirus. "Dari informasi yang kami dapat, Alhamdulillah sampai saat ini situasi di 270 wilayah yang melaksanakan Pilkada masih terkendali," ucap Doli.

Desakan agar Pilkada Serentak 2020 ditunda semakin kencang di tengah merajalelanya virus Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close