Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei, Mahasiswa dan Dosen Universitas Indonesia Kurang Nyaman Belajar Tatap Muka Penuh

Senin, 19 April 2021 – 22:41 WIB
Hasil Survei, Mahasiswa dan Dosen Universitas Indonesia Kurang Nyaman Belajar Tatap Muka Penuh - JPNN.COM
Fakultas Hukum Universitas Indonesia menjadi fakultas hukum terbaik di Indonesia. Foto: Humas FHUI

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) melaksanakan survei kesiapan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di lingkungan internal.

Responden survei tersebut terdiri dari 18.923 mahasiswa dan 1.610 dosen dari 14 Fakultas, Sekolah Ilmu Lingkungan, Sekolah Kajian Stratejik dan Global, dan Program Pendidikan Vokasi.

Menurut Prof Abdul Haris, wakil rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, sesuai data hasil survei terhadap total 20.533 responden tersebut per 15 April 2021, mayoritas mahasiswa dan dosen UI memilih metode pembelajaran bauran (blended learning) untuk diterapkan pada semester gasal tahun akademik 2021/2022.

"Dibandingkan metode pembelajaran yang tatap muka penuh maupun daring penuh, mahasiswa dan dosen lebih nyaman blended learning," kata Prof Abdul dalam siaran pers UI, Senin (19/4).

Secara rinci, hasil survei menunjukkan bahwa 9.083 (48%) mahasiswa memilih KBM bauran dan 5.298 (28%) mahasiswa memilih KBM daring penuh.

Sedangkan pembelajaran tatap muka penuh menjadi opsi yang paling sedikit dipilih, yaitu hanya 4.542 (24%) mahasiswa. 

Dari survei terhadap para dosen UI, lanjutnya, dari 1.610 responden yang mengisi, 982 responden (61%) memilih blended learning, kemudian pembelajaran daring penuh sebanyak 483 responden (30%).

"Untuk pembelajaran tatap muka penuh hanya dipilih oleh sisanya (9%)," ucapnya.

universitas Indonesia melakukan survei persiapan kegiatan belajar mengajar di semester gasal, hasilnya banyak yang pilih blended learning

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close