Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei Terbaru: Banyak juga Pemilih PDIP Terpincut Anies Baswedan, Oalah

Minggu, 21 Mei 2023 – 05:55 WIB
Hasil Survei Terbaru: Banyak juga Pemilih PDIP Terpincut Anies Baswedan, Oalah - JPNN.COM
Bakal Capres 2024 Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei terbaru Political Statistics (Polstat) Indonesia menunjukkan tidak sedikit pemilih PDI Perjuangan yang akan memberikan suaranya kepada Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Hasil survei yang dilakukan pada 1—10 Mei 2023 itu menyimpulkan dukungan konstituen PDIP tidak bulat kepada Ganjar Pranowo.

Hasil analisis tabulasi silang Polstat menemukan bahwa Ganjar hanya mendapatkan dukungan 40,2 persen dari responden survei tersebut yang menyatakan akan memilih PDIP pada Pemilu 2024.

Angka itu tidak terlalu berbeda mencolok dibandingkan Prabowo Subianto yang mendapatkan dukungan 34,6 persen dari responden pemilih PDI Perjuangan.

Peneliti senior Polstat Indonesia Apna Pernama menilai hal itu sebagai fakta menarik, mengingat nama Ganjar sudah diumumkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai bakal capres yang akan diusung di Pilpres 2024.

"Logikanya setelah Megawati mendeklarasikan capres yang akan diusung partainya, mayoritas konstituen PDI Perjuangan akan tegak lurus mendukung Ganjar. Realistasnya, persentase simpatisan PDI Perjuangan yang memilih Prabowo cukup signifikan," ujar Apna dalam salinan paparan hasil survei yang dirilis pada Sabtu (20/5).

Dia mengatakan, tidak bulatnya suara konstituen PDIP mendukung Ganjar Pranowo juga makin kentara dengan keberadaan 10,3 persen responden yang menyatakan akan memilih PDI Perjuangan, tetapi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan.

Kendati demikian, masih terdapat 14,9 persen responden pemilih PDIP dalam survei tersebut yang menyatakan belum menentukan pilihan atau tidak menjawab pertanyaan tentang dukungan capres.

Hasil survei terbaru Political Statistics (Polstat) Indonesia mengungkap bahwa tidak sedikit pemilih PDIP bakal memilih Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close