Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasto Akan Raih Gelar Doktor Lagi, Disertasinya soal Ketahanan PDIP Pascaputusan MK Untungkan Gibran bin Jokowi

Jumat, 18 Oktober 2024 – 06:18 WIB
Hasto Akan Raih Gelar Doktor Lagi, Disertasinya soal Ketahanan PDIP Pascaputusan MK Untungkan Gibran bin Jokowi - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: DPP PDIP

jpnn.com - Gelar doktor yang disandang Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto bakal bertambah. Hari ini (18/10/2024), penyandang gelar doktor ilmu politik dari Universitas Pertahanan (Unhan) itu akan mempertahankan disertasinya di Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Hasto mulai menjadi mahasiswa SKSG UI pada Agustus 2021. Setelah sekitar tiga tahun melakukan penelitian, peraih gelar insinyur dari Universitas Gadjah Mada (UGM) itu akan menjalani sidang terbuka promosi doktor di Balai Sidang Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Untuk meraih gelar doktor dari UI itu, Hasto menyelesaikan disertasinya yang berjudul ‘Kepemimpinan Strategis Politik, Ideologi, dan Pelembagaan Partai serta Relevansinya terhadap Ketahanan Partai: Studi pada PDI Perjuangan. Memang karya ilmiah itu merupakan hasil penelitian Hasto atas partai yang menaunginya.

“Waktu itu penelitian menyusun kepemimpinan strategis partai sebagai upaya meningkatkan demokrasi Indonesia," ujar Hasto melalui siaran pers ke media pada Kamis (17/10/2024) malam.

Politikus kepercayaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu menjelaskan disertasinya mengalami perubahan pada Oktober 2023. Hasto menambah variabel penelitian sekaligus mengubah judul disertasinya.

Penyebabnya ialah kondisi politik yang berubah pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan ketentuan syarat minimal capres-cawapres di UU Pemilu. Putusan itu memungkinkan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, bisa ikut Pilpres 2024 meski usianya belum mencapai 40 tahun.

“Apa yang terjadi pada Pemilu 2024 menguji ketahanan partai (PDIP, red), terlebih dengan perubahan akibat Putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023,” tuturnya.

Hasto menyebut putusan MK tersebut mengubah situasi politik dan sosial. Akibatnya, disertasi yang semula mengenai teori pelembagaan partai pun berubah.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang akan meraih gelar doktor lagi bikin desertasi soal ketahanan PDIP pascaputusan MK menguntungkan Gibran bin Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA