Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HIPMI Perjuangkan Program Pesantrenpreneur ke Pak Jokowi

Rabu, 07 Maret 2018 – 15:03 WIB
HIPMI Perjuangkan Program Pesantrenpreneur ke Pak Jokowi - JPNN.COM
Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadalia (kedua dari kiri) dan Ketua HIPMI Jatim Mufti Anam (dua kanan) menyampaikan aspirasi ke Presiden Jokowi. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) meminta Presiden Joko Widodo menjadikan program pengembangan kewirausahaan di pesantren atau pesantrenpreneur menjadi program nasional yang terintegrasi dengan baik.

Aspirasi itu disampaikan ke Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Sidang Dewan Pleno II dan Rapat Pimpinan Nasional HIPMI di Tangerang, Rabu (7/3).

“Tadi Pak Jokowi membuka acara rapimnas, dan HIPMI Jatim secara khusus menyampaikan secara langsung soal pentingnya pesantrenpreneur kepada beliau,” kata Ketua HIPMI Jatim, Mufti Anam.

Dia menjelaskan, Presiden Jokowi merespons dengan baik aspirasi HIPMI tersebut. HIPMI juga bakal dilibatkan dalam pengembangan program pesantrenpreneur untuk melahirkan santri-santri pengusaha berkelas nasional dan dunia.

“Penguatan kewirausahaan di kalangan anak muda pesantren atau santri selaras dengan program Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadalia yang intens mengajak anak-anak SMA dan kampus untuk berani berbisnis,” kata Anam.

Dia menambahkan, saat ini pemerintah memang terus mendorong bertumbuhnya kewirausahaan di kalangan anak muda. Sangat masif terlihat kerja-kerjanya untuk mengajak anak muda jadi entrepreneur, terutama ini terasa di komunitas-komunitas kreatif di kota besar.

Namun, untuk segmen anak muda santri masih belum mendapat penanganan terencana dan terintegrasi.

"Ada PR besar yakni bagaimana mencetak anak-anak muda pesantren untuk terjun ke dunia bisnis. Yang selama ini berjalan, pesantrenpreneur lebih berbentuk pelatihan-pelatihan sporadis dan bantuan peralatan. Itu pun sangat terbatas di beberapa pesantren. Programnya belum ditunjang, misalnya dengan riset dan intelejen pasar, manajemen hulu ke hilir, kolaborasi antar pesantren, atau pendanaan di mana Presiden Jokowi sudah mewacanakan Bank Wakaf,” ujarnya.

Pesantrenpreneur adalah program pengembangan kewirausahaan di pesantren sebagai salah satu upaya mencetak pebisnis dari kalangan santri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close