Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HMI Edukasi Tentang Vaksin, Kemenkes: Sinovac Sudah Mendapat Sertifikat Halal MUI

Sabtu, 20 Maret 2021 – 16:46 WIB
HMI Edukasi Tentang Vaksin, Kemenkes: Sinovac Sudah Mendapat Sertifikat Halal MUI - JPNN.COM
Warga mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta Selatan melaksanakan edukasi dan sosialisasi tentang manfaat vaksin COVID-19 sebagai bentuk ikhtiar menyehatkan diri, keluarga, umat, dan negara.

Edukasi dan sosialisasi tentang vaksin ini juga dilakukan untuk menjawab berbagai pertanyaan masyarakat tentang kandungan vaksin, manfaat vaksin, dan bagaimana langkah-langkah yang bisa ditempuh masyarakat untuk mendapatkan vaksin gratis dari pemerintah.

Juru Bicara PT Bio Farma Bambang Herianto menyampaikan sejatinya vaksin adalah sebuah ikhtiar dunia kesehatan untuk membangun daya tahan tubuh terhadap COVID-19.

"Strategi pemerintah menyiapkan vaksin dibagi menjadi tiga tahap. Jangka pendek mengimpor dari partner luar negeri, kemudian vaksin akan dikembangkan ke arah hulu, dan jangka panjang pemerintah akan mengembangkan sendiri vaksin buatan dalam negeri," kata Bambang dalam webinar yang diadakan HMI beberapa waktu lalu.

Bambang menjelaskan, saat ini pemerintah menggunakan vaksin Sinovac karena berdasarkan riset pemerintah bersama stakeholders terkait, Sinovac aman, berkhasiat, bermutu dan cepat, serta telah teruji klinis dan sehat sehingga masyarakat bisa segera mendapat vaksinasi.

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan terkait vaksin COVID-19 menyampaikan bahwa dalam Islam, diajarkan masyarakat untuk mewujudkan kesehatan dengan ikhtiar, doa dan tawakal.

"Vaksinasi dapat mewujudkan 70 persen daya tahan tubuh untuk meningkatkan imunitas kita. Hal ini penting sebagai bentuk ikhtiar kita menghadapi COVID-19. Dalam Islam juga mengenal kebersihan, sedangkan faktor dasar dari COVID-19 karena kurangnya kebersihan. Maka mari kita wujudkan kebersihan dan lakukan vaksinasi untuk terbebas dari COVID-19,” tegasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tirmizi memberikan sosialisasi kepada peserta tentang sertifikasi dan perizinan vaksin COVID-19.

HMI melaksanakan edukasi dan sosialisasi tentang manfaat vaksin COVID-19 sebagai bentuk ikhtiar menyehatkan diri, keluarga, umat, dan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close