Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Korupsi e-KTP

Hmmm, Pengancam Miryam Ternyata Nama di Surat Dakwaan

Rabu, 05 April 2017 – 22:11 WIB
Hmmm, Pengancam Miryam Ternyata Nama di Surat Dakwaan - JPNN.COM
Miryam S Haryani (kaca mata) bersama srikandi Hanura. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pengacara kondang Elza Syarief mengungkapkan bahwa anggota DPR Miryam S Haryani ditekan oleh nama-nama yang disebut dalam surat dakwaan perkara korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Miryam memang menjadi saksi penting dalam perkara korupsi yang menyeret nama-nama kondang termasuk Ketua DPR Setya Novanto itu.

"Seperti yang pernah saya katakan. Dia ditekan oleh teman-temannya yang ada dalam dakwaan," kata Elza usai menjalani pemeriksaan di KPK, Rabu (5/4).

Meski demikian, Elza enggan mengungkap identitas pihak yang mengancam Miryam. Menurut dia, pihak itu merupakan sosok yang ada dalam surat dakwaan atas dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman dan Sugiharto.

"Iya. Pokoknya yang ada dalam dakwaan," ujar Elza.

Pengacara yang juga menjadi kuasa hukum mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD) M Nazaruddin itu mengaku bertemu Miryam sebelum politikus Partai Hanura itu bersaksi pada persidangan perkara e-KTP. “Konsultasi saja. Saya kan lawyer," ujar Elza.

Namun, Elza mengakui bahwa saat dirinya bertemu Miryam memang ada pengacara muda bernama Anton Taufiq. Padahal, Elza tak mengundang Anton.

Tapi, kata Elza, ternyata Anton tiba-tiba hadir ke kantornya. "Ya mungkin ada kaitannya sama Bu Yani," ujarnya.

Selain itu, Elza juga mengaku tak tahu-menahu soal langkah Miryam mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) di persidangan. Sebab, dia justru menyarankan Miryam menjadi justice collaborator (JC) untuk membantu KPK.

"Untuk apa saya usulin cabut BAP? Justru saya ingin dia JC," katanya.

Dalam sidang perkara e-KTP minggu lalu, penyidik senior KPK Novel Baswedan mengungkap ada enam anggota DPR yang mengancam Miryam S. Haryani. Ungkapan Novel berdasarkan cerita Miryam saat proses penyidikan awal terhadap politisi Partai Hanura tersebut.

Pengacara kondang Elza Syarief mengungkapkan bahwa anggota DPR Miryam S Haryani ditekan oleh nama-nama yang disebut dalam surat dakwaan perkara korupsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close