Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Tak Rela Timor Leste jadi Penjara Pulau

Horta Hanya Setuju untuk Transit

Kamis, 08 Juli 2010 – 14:31 WIB
Horta Hanya Setuju untuk Transit - JPNN.COM
SUAKA - Salah satu perahu sarat penumpang imigran pencari suaka asal Sri Lanka. Foto: Dalje.com/Timorhauniandoben.blog.
SYDNEY - Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta angkat bicara terkait dengan rencana pembangunan Pusat Suaka Regional di wilayahnya. Kemarin (7/7) pemimpin 60 tahun itu membenarkan klaim Perdana Menteri (PM) Australia Julia Gillard soal dukungannya. Namun, sikap Horta itu ditentang keras kubu oposisi.

"Kami memang sudah membahas proposal tersebut dan sedang membicarakan lebih lanjut detailnya," ujar penerima Nobel Perdamaian 1996 itu seperti dilansir Associated Press.

Secara prinsip, Horta mendukung penuh ide pendirian Pusat Suaka Regional tersebut. Tapi, pemerintah Australia harus benar-benar bisa menjamin para pencari suaka itu sekadar transit di Timor Leste.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya sedang membahas gagasan tersebut dengan jajaran pemerintahannya. Konon, Horta hanya akan merestui berdirinya Pusat Suaka Regional itu jika mendapatkan lampu hijau dari parlemen. Terutama, dukungan dari PM Xanana Gusmao yang merupakan kepala pemerintahan. Sebab, sebagai kepala negara, dia tidak memiliki wewenang dalam pemerintahan.