Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Human Initiative Gandeng Guru Ajarkan Mitigasi Bencana Sejak Dini pada Murid TK

Kamis, 03 Oktober 2024 – 10:37 WIB
Human Initiative Gandeng Guru Ajarkan Mitigasi Bencana Sejak Dini pada Murid TK - JPNN.COM
Human Initiative (HI) sebagai organisasi kemanusiaan mendorong pendidikan mitigasi bencana sejak dini di Bianglala Kindergarten, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Foto: source for jpnn.com

jpnn.com - Human Initiative (HI) sebagai organisasi kemanusiaan mendorong pendidikan mitigasi bencana sejak dini di Bianglala Kindergarten, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. 

Bianglala Kindergarten sendiri sudah mulai mengajar sejak 2005, kini dengan 80 murid TK, PAUD dan penitipan anak (TPA).

Kepala TK Bianglala, Novitasari Dyah (37) menjelaskan interaksi dengan Human Initiative bermula dalam menyalurkan bantuan sosial dari orang tua murid untuk diteruskan kepada yang berhak.

Interaksi itu berlanjut hingga pembentukan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

"Pelatihan itu diberikan kepada kami pada Januari-Maret 2024. Lalu kami mulai menyiapkan perangkat dan lain-lain," kata perempuan yang akrab disapa Novita itu, Kamis (3/10).

Dia menjelaskan pihaknya menyiapkan perangkat keras mitigasi, seperti jalur evakuasi, alat peraga dan lainnya untuk dipahami anak TK. 

"Dan menjadi tantangan tersendiri untuk kami menyiapkan semua itu agar mudah dipahami murid TK," lanjutnya.

Novita menjelaskan pihaknya mengedukasi dengan alat peraga sederhana, seperti gambar rumah rusak, rumah sakit, dan lainnya, lalu menyampaikan pesan melalui nyanyian.

Human Initiative (HI) sebagai organisasi kemanusiaan mendorong pendidikan mitigasi bencana sejak dini di Bianglala Kindergarten, Kecamatan Ngaglik, Sleman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA