Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ibu Hamil Harus Waspadai Virus MR

Jumat, 24 Agustus 2018 – 08:16 WIB
Ibu Hamil Harus Waspadai Virus MR - JPNN.COM
Ibu hamil alias bumil. Foto: Alamy

jpnn.com, PONOROGO - Pemkab Ponorogo, Jatim, gencar menyosialisasikan mengenai pentingnya imunisasi MR (measles-rubella). Pun memastikan bahwa keberadaan vaksin MR di dalam tubuh tidak membahayakan kesehatan.

Sebaliknya, senyawa zat yang terkandung di dalamnya dapat menurunkan kesakitan dan memberikan kekebalan seseorang terhadap serangan virus campak.

‘’Jadi, lebih tinggi manfaatnya daripada jeleknya,’’ kata Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo dr Yayuk Dwi Wahyuni kemarin (22/8).

Yayuk menilai, pemberian vaksin itu sangat penting saat kondisi sedang darurat penyebaran virus MR. Sebab, dampak serangan virus tersebut tergolong berbahaya. Terutama bagi ibu-ibu hamil. ‘’Tanpa vaksin itu, anak yang dilahirkan berpotensi mengalami kecacatan,’’ ujarnya.

Yayuk menyebut, tahun lalu RSUD dr Harjono sempat menangani pasien ibu hamil. Belakangan bayi yang dilahirkan diketahui mengalami bocor jantung. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut bayi itu ternyata terserang congenital rubella syndrome (CRS). ‘’Penyebabnya, saat hamil, ibu bayi itu terpapar virus rubela dan tidak memiliki antibodi,’’ jelasnya.

Sementara, berdasar data Dinkes Ponorogo, tercatat pada 2017 lalu terdapat 346 suspect MR. Namun, setelah dilakukan uji laboratorium, yang positif sebanyak 58 orang.

Perinciannya, enam terjangkit virus campak dan 52 terkena virus rubela. Sedangkan tahun ini terdapat 52 kasus suspect MR. Hanya, dinkes belum dapat memastikan berapa penderita yang positif.

Yayuk menuturkan, pemberian vaksin terbukti mampu menurunkan jumlah kasus MR di Jatim secara signifikan. Yakni, dari sekitar 4 ribu menjadi hanya 194 pada 2018. Ponorogo sudah melaksanakan vaksinasi MR pada 2017 lalu dengan progres 97,3 persen.

Ibu hamil harus mewaspadai virus MR (measles – rubella) karena jika terjangkit anak yang dilahirkan berpotensi mengalami cacat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close