Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ikut Webinar Bulan Bung Karno, Mbak Puan Soroti Daya Tahan Sektor Kesehatan di Masa Pandemi

Selasa, 30 Juni 2020 – 14:38 WIB
Ikut Webinar Bulan Bung Karno, Mbak Puan Soroti Daya Tahan Sektor Kesehatan di Masa Pandemi - JPNN.COM
Puan Maharani. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia telah menguji sistem ketahanan nasional, termasuk di sektor kesehatan. Menurutnya, berbagai hal di sektor kesehatan masih perlu perbaikan.

Puan menyampaikan itu dalam Webinar Nasional IV Bulan Bung Karno 2020 yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat PDI Perjuangan, Selasa (30/6). Webinar bertema Politik Kesehatan Berdikari itu juga menghadirkan pembicara lain yaitu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Menkes Terawan Agus Putranto, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

"Khusus di bidang kesehatan, kita dapat merasakan bahwa ketahanan nasional masih perlu untuk ditingkatkan, baik dari sisi fasilitas kesehatan, maupun ketersediaan tenaga kesehatan," kata Puan.

Ketua DPP PDI Perjuangan itu menambahkan, pembangunan kesehatan masyarakat harus dimulai dari pemenuhan gizi ibu hamil dan anak. Menurutnya, seharusnya pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi setiap keluarga untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

“Memastikan asupan gizi seimbang, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, yang saat ini  sangat bermanfaat dalam menangkal terjangkitnya Covid-19," kata Puan.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Kabinet Kerja itu juga menyinggung soal pentingnya mewujudkan kemandirian di sektor kesehatan. Fasilitas kesehatan pun harus bisa diakses masyarakat di semua wilayah baik kota maupun desa.

Oleh karena itu, kata Puan, formasi tenaga kesehatan di setiap rumah sakit dan puskesmas, serta industri nasional untuk peralatan rumah sakit, farmasi dan obat-obatan harus diperkuat. Dalam rangka itu pula perlu memperkuat kemampuan riset, inovasi dan industri nasional dalam memenuhi alat kesehatan, farmasi, obat-obatan, alat pelindung diri (APD), serta sarana dan prasarana kesehatan lainnya.

Walakin, Puan mengaku bersyukur karena di tengah pandemi, sejumlah universitas telah berinovasi membuat ventilator portabel sendiri. Ke depan, pemerintah harus membangun kekuatan industri di bidang kesehatan melibatkan BUMN dan swasta.

Ketua DPR Puan Maharani menyatakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia telah menguji sistem ketahanan nasional, termasuk di sektor kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close