Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

INCCA dan Asperapi Minta Menteri Pariwisata dari Profesional yang Paham MICE

Kamis, 17 Oktober 2024 – 22:39 WIB
INCCA dan Asperapi Minta Menteri Pariwisata dari Profesional yang Paham MICE - JPNN.COM
Layang-layang menghiasi langit dalam acara Jogja International Kite Festival (JIKF) tahun lalu. Foto: Dinas Pariwisata DIY

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) meminta pemerintah agar Menteri Pariwisata yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024, dari kalangan profesional yang memahami industri Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE).

Dalam surat terbuka kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto, kedua asosiasi itu menegaskan bahwa pemahaman mendalam tentang sektor MICE sangat krusial dalam mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi nasional.

Mereka menekankan pentingnya Menteri Pariwisata yang mampu menggerakkan sektor MICE secara efektif, karena segmen ini dinilai lebih berkualitas dibandingkan dengan pariwisata massal.

“MICE memiliki potensi besar untuk menarik pertemuan internasional, pameran, dan event-event korporasi global yang dapat membawa dampak ekonomi signifikan bagi Indonesia,” ungkap Iqbal Alan Abdullah, Ketua Umum DPP INCCA dalam keterangannya, Kamis (17/10).

Kedua asosiasi menyoroti perbandingan pencapaian sektor pariwisata Indonesia dengan negara tetangga. Pada 2019, Indonesia hanya berhasil menarik 16 juta wisatawan mancanegara, jauh di bawah Thailand dengan 40 juta kunjungan dan Malaysia dengan 26 juta.

Mereka meyakini bahwa peningkatan jumlah wisatawan, khususnya di sektor MICE, dapat dilakukan melalui pengembangan destinasi selain Bali, guna menghindari masalah overtourism di masa depan.

Ketua Umum DPP Asperapi Hosea Andreas Runkat menambahkan, pemerintah perlu lebih serius dalam mengembangkan industri MICE untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, investasi, dan perdagangan.

“MICE bukan hanya tentang wisata, tetapi juga menjadi pendorong utama dalam menggerakkan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan pengembangan infrastruktur,” ujarnya.

INCCA dan Asperapi meminta Menteri Pariwisata yang akan dilantik darik profesional yang paham MICE.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA