Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Bisa Melakukan 3 Hal Ini Merespons Agresi Israel terhadap Palestina

Minggu, 16 Mei 2021 – 02:10 WIB
Indonesia Bisa Melakukan 3 Hal Ini Merespons Agresi Israel terhadap Palestina - JPNN.COM
Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi sikap tegas Indonesia yang disampaikan Presiden Jokowi merespons agresi Israel terhadap Palestina yang telah menewaskan ratusan warga.

Yang lebih menyedihkan, kata Saleh, korbannya termasuk perempuan dan anak-anak. Hal itu menurut dia tindakan biadab yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

"Pernyataan Jokowi itu sudah tegas. Sangat bagus. Dari sisi retorika politik, semestinya sudah bisa menggalang dukungan negara-negara besar, terutama negara-negara Islam. Namun faktanya, Israel masih terus saja menyerang, bahkan lebih membabi buta," kata Saleh kepada JPNN.com, Sabtu (15/5).

Untuk itu, Saleh menilai pernyataan Presiden Jokowi perlu ditindaklanjuti. Setidaknya ada tiga langkah konkret yang bisa dilakukan. Pertama, Indonesia perlu meningkatkan diplomasi di pentas global," ucap Saleh.

Menurut wakil ketua MKD itu, diplomasi yang dilakukan saat ini belum berujung pada pengambilan tindakan tegas terhadap Israel. Negara-negara OKI dan juga PBB seakan tidak berkutik. Begitu juga dewan keamanan PBB yang semestinya mengambil inisiatif dalam menjaga keamanan dan ketertiban dunia seakan lumpuh tak berdaya.

Oleh karena itu, Saleh memandang pemerintah Indonesia sudah sepantasnya mendesak semua organisasi internasional terkait untuk melindungi rakyat Palestina.

"Kita tidak bisa hanya berhenti pada retorika. Harus ada aksi nyata. Pembiaran atas tindakan keji Israel dapat menghilangkan kepercayaan dunia internasional kepada lembaga-lembaga besar yang ada," tegasnya.

Kedua, kata Saleh, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia semestinya dapat mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina, terutama berupa obat dan alat-alat kesehatan yang sangat dibutuhkan rumah-rumah sakit di Gaza.

Serangan Israel terhadap warga Palestina makin membabi buta dan bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close