Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Ingin Memastikan Keselamatan Warganya Sebelum Menerima Tawaran Bekerja di Sektor Pertanian Australia

Jumat, 28 Januari 2022 – 23:55 WIB
Indonesia Ingin Memastikan Keselamatan Warganya Sebelum Menerima Tawaran Bekerja di Sektor Pertanian Australia - JPNN.COM
Sektor perkebunan di Australia diperkirakan kekurangan 26 ribu tenaga kerja sejak Australia menutup perbatasannya. (ABC News: Jess Davis)

Australia dan Indonesia sudah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) Indonesia-Australia di bidang Kerja Sama Pertanian. 

Penandatanganan dilakukan Kamis kemarin (27/01) oleh Menteri Pertanian Australia, David Littleproud, dan Menteri Pertanian Indonesia, Syahrul Yasin Limpo. 

David berada di Jakarta selama tiga hari dengan misi memperkuat hubungan dan perdagangan dengan Indonesia, yang disebutnya sebagai "mitra pertanian yang sangat dihormati" oleh negaranya.

Meski program visa pertanian Australia adalah bagian terpisah dari MOU yang ditandatanganinya, David mengambil kesempatan untuk membahasnya bersama kementerian terkait di Indonesia.

"Saya juga menyambut baik keterlibatan Indonesia dalam Australian Agriculture Visa dan menyambut baik kemajuan pembahasan yang dicapai," ujar David dalam pernyataannya yang diterima ABC Indonesia.

Memastikan keselamatan pekerja Indonesia

Sejumlah laporan media di Indonesia melaporkan David menggelar pertemuan lewat video bersama Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah, untuk membicarakan program visa pertanian Australia, Kamis kemarin (27/01).

Ida menyambut baik inisiatif dari Australia yang memberikan peluang bagi warga Indonesia untuk bekerja di sektor pertanian Australia.

Namun menurutnya masih banyak hal yang harus diperhatikan, diantaranya upah dan perlindungan sosial.

Menteri Pertanian Australia mengambil kesempatan untuk membicarakan kelanjutan visa pertanian yang ditawarkan bagi warga Indonesia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


BERITA LAINNYA