Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Peringkat Tiga Paling Rawan Bencana

Kamis, 03 Maret 2011 – 02:52 WIB
Indonesia Peringkat Tiga Paling Rawan Bencana - JPNN.COM
JAKARTA — Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, berada pada pertemuan tiga lempeng utama dunia yakni lempeng Indo Australia, Eurasia dan Pasifik. Kondisi ini membuat negara ini sangat berpotensi dilanda gempa bumi dan berujung tsunami.

Indonesia juga mempunyai 129 gunung api aktif, 80 diantaranya berbahaya. Bencana alam lainnya yang seringkali melanda Indonesia adalah tsunami, angin topan, banjir.

Mengantisipasinya, dilaksanakan Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF DiREx). Forum ini dibentuk sebagai latihan antisipasi terjadi bencana gempa dan tsunami. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah dan pelaksanaannya akan digelar di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) 13-19 Maret mendatang.

Mengenai persoalan bencana, Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring mengatakan, data yang ada menyebutkan 60 persen bencana di dunia terjadi di Asia. Dan Indonesia berada pada urutan ke tiga paling rawan bencana di Asia. “Setelah Cina dan Filipina,” katanya saat jumpa pers di kantor Menkominfo, Rabu (2/3).

JAKARTA — Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, berada pada pertemuan tiga lempeng utama dunia yakni lempeng Indo Australia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close