Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Sebaiknya Terima SWF

Jumat, 28 November 2008 – 19:02 WIB
Indonesia Sebaiknya Terima SWF - JPNN.COM
JAKARTA - Indonesia Sebaik memanfaatkan fasilitas pendanaan dari Sovereign Wealth Funds (SWF) atau Sovereign Welfare Fund (SWF) guna menyangga gejolak ekonomi dunia terhadap Indonesia. Pemilik dana surplus yang sekarang didominasi SWF dunia ketiga terutama Timur Tengah bisa dirangsang untuk berinvestasi di Indonesia.

"Dana SWF berasal dari penyisihan kelebihan penerimaan pemerintah di dunia ketiga terutama Timur Tengah, penginvestasian SWF lebih fleksibel dibanding pengelolaan devisa oleh bank sentral," kata Wakil Ketua DPD RI Irman Gusman, dalam dialog interaktif Perspektif Indonesia bertema Proyeksi Ekonomi Indonesia Tahun 2009 di Pressroom DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (28/11).

Pemerintah, harus meyakinkan dan mengajak serta membuka pintu lebar-lebar bagi mereka untuk berinvestasi di Indonesia secara aman dan mudah, ujar Irman dalam diskusi yang juga menghadirkan Ketua Komite Tetap Bidang Fiskal dan Moneter Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bambang Susatyo, Ninasapti Triaswati dari FE UI dan Ahmad Erani Yustika dari INDEF).

Selama ini, SFW dari negara- negara Timur Tengah, seperti Abu Dhabi, Arab Saudi, dan Kuwait juga telah berinvestasikan di portofolio seperti saham, obligasi, atau surat-surat berharga lainnya yang diterbitkan pemerintah atau swasta.

JAKARTA - Indonesia Sebaik memanfaatkan fasilitas pendanaan dari Sovereign Wealth Funds (SWF) atau Sovereign Welfare Fund (SWF) guna menyangga gejolak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA