Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Industri Kehutanan Ikut Menjaga Kelestarian Flora Fauna

Rabu, 11 Desember 2019 – 21:35 WIB
Industri Kehutanan Ikut Menjaga Kelestarian Flora Fauna - JPNN.COM
Chief Sustainability Officer APP Sinar Mas, Elim Sritaba, pada sesi panel Konferensi Pengendalian Perubahan Iklim COP25 UNFCCC, di Madrid, Spanyol, Senin (9/12). Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Industri kehutanan mendukung upaya melindungi dan meningkatkan kelestarian flora fauna. Caranya dengan menyelaraskan kepentingan ekonomi, sosial, dan konservasi.

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno menyatakan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan untuk konservasi termasuk pelaku usaha sangat strategis, penting, dan mendesak, terutama di Sumatra dan Kalimantan.

Dipaparkan Wiratno, Indonesia telah mengalokasikan kawasan konservasi yang sangat luas, mencapai 27,14 juta hektare. Di mana terdapat sekitar 6.203 desa dengan sedikitnya 9,5 juta jiwa hidup di dalam atau sekitar kawasan tersebut

Di sisi lain, masih banyak flora dan fauna yang dilindungi berada di luar kawasan konservasi.

"Sekitar 70 persen mamalia besar yang dilindungi di Sumatra dan Kalimantan berada di luar kawasan konservasi,” ujar Wiratno pada sesi panel di Paviliun Indonesia pada Konferensi Pengendalian Perubahan Iklim COP25 UNFCCC, di Madrid, Spanyol, Senin (9/12).

Dikatakan Wiratno, kegiatan konservasi tidak bisa dibatasi hanya dalam kawasan konservasi saja. Perlu dijalankan program konservasi in-situ atau di dalam habitat, maupun ex-situ atau di luar habitatnya.

Sebagai contoh, konservasi badak Sumatra dengan program Sumatran Rhino Sanctuary (SRS) di Taman Nasional Way Kambas telah berhasil melakukan pengembangbiakan. Kawasan lindung badak baru, misalnya di Taman Nasional Gunung Leuser, juga akan dibangun.

Direktorat Jenderal KSDAE, melalui Balai Taman Nasional dan Balai KSDA terus melakukan pengamanan kawasan dengan model smart patrol.

APP Sinar Mas mengalokasikan 600.000 hektare kawasan hutan industri untuk tujuan konservasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close