Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Info Terbaru PP Manajemen ASN, Seleksi PPPK jadi Fokus Utama

Kamis, 14 Maret 2024 – 06:55 WIB
Info Terbaru PP Manajemen ASN, Seleksi PPPK jadi Fokus Utama - JPNN.COM
MenPANRB Abdullah Azwar Anas saat pemaparan Rancangan PP Manajemen ASN pada Raker dan RDP bersama Komisi II DPR RI, di Jakarta, Rabu (13/3). Foto: Humas KemenPAN-RB

jpnn.com - JAKARTA – Pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Manajemen ASN (Aparatur Sipil Negara) sudah memasuki tahapan akhir dan ditargetkan akhir April 2024 sudah diterbitkan.

Dalam rangka mematangkan substansi Rancangan PP Manajemen ASN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) membahas rancangan regulasi tersebut bersama Komisi II DPR RI dalam forum Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat di Jakarta, Rabu (13/3).

Sejumlah substansi Rancangan PP Manajemen ASN dibahas, antara lain insentif bagi ASN di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), penataan karier ASN, hingga penataan tenaga non-ASN atau honorer.

"Pemerintah sampai saat ini terus bergerak cepat dalam penyelesaian RPP ini. Ditargetkan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen ASN ditetapkan pada 30 April 2024," kata MenPANRB Abdullah Azwar Anas saat raker dan RDP bersama Komisi II DPR RI, Rabu.

RPP Manajemen ASN memiliki ruang lingkup meliputi perencanaan kebutuhan, pengadaan, penguatan budaya kerja dan citra institusi, pengelolaan kinerja, pengembangan talenta dan karier.

Selain itu, pengembangan kompetensi, pemberian penghargaan dan pengakuan serta pemberhentian. Manajemen ini diselenggarakan berdasarkan sistem merit dan dilaksanakan melalui platform digital Manajemen ASN yang sedang dirancang bersama BKN dan LAN (Lembaga Administrasi Negara).

“RPP ini merupakan aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 20/2023 tentang ASN. Ada 22 bab yang terdiri dari 305 pasal dalam RPP ini,” kata Menteri Anas, dikutip dari keterangan resmi Humas KemenPAN-RB.

Menteri Anas menjelaskan beberapa substansi krusial dalam Rancangan PP Manajemen ASN. Salah satunya terkait persebaran ASN. Talenta-talenta ASN saat ini masih terpusat di kota-kota besar saja.

MenPANRB Azwar Anas menjelaskan mengenai beberapa substansi Rancangan PP Manajemen ASN dan info terbaru seleksi PPPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close