Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini 5 Alternatif Pemanis Sebagai Pengganti Gula

Kamis, 09 Januari 2020 – 07:19 WIB
Ini 5 Alternatif Pemanis Sebagai Pengganti Gula - JPNN.COM
ILUSTRASI. Pemanis buatan. Foto: Laman Sheknows

jpnn.com - Tanpa disadari, gula pasti ada di dalam makanan dan minuman sehari-hari. Mulai dari makanan berat hingga ringan, rata-rata mengandung kadar gula di dalamnya.

Padahal, konsumsi gula yang berlebihan bisa berujung pada obesitas dan kalori yang berlebih. Oleh karena itu, kini banyak orang yang mencari ragam pemanis pengganti gula.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology, gula dapat berpengaruh pada hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Akibatnya, hal ini dapat berujung pada obesitas.

Konsumsi gula yang berlebih juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes mellitus, penyakit jantung, dan kanker. Untuk menghindari penyakit-penyakit berbahaya tersebut, beberapa alternatif berikut bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti gula.

1. Stevia

Ini merupakan pemanis alami yang diekstrak dari daun tumbuhan asal Amerika Selatan yang dikenal dengan nama Stevia rebaudiana. Umumnya, stevia tersedia dalam bentuk bubuk dan cairan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan jurnal Food and Chemical Toxicology, steviosida yang terkandung di dalam stevia dapat menurunkan tekanan darah hingga 6-14%. Selain itu, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Clinical Pharmacology pada tahun 2018, disebutkan bahwa stevia dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin.

Stevia juga tidak mengandung kalori, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes maupun obesitas.

Untuk menghindari penyakit-penyakit berbahaya tersebut, beberapa alternatif berikut bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti gula.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close