Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini 6 Makanan Penangkal Radikal Bebas

Selasa, 03 Desember 2019 – 04:21 WIB
Ini 6 Makanan Penangkal Radikal Bebas - JPNN.COM
Roti Gandum. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Istilah radikal bebas pasti sudah akrab di telinga Anda. Banyak sekali suplemen atau ragam asupan penangkal radikal bebas yang populer di pasaran. Namun, apa sebenarnya radikal bebas?

Menurut dr. Citra Roseno dari KlikDokter, radikal bebas adalah molekul atau atom yang memiliki minimal satu elektron yang tidak berpasangan. Atom dengan elektron yang tidak berpasangan tersebut menjadi sangat reaktif terhadap atom lainnya.

Apa pengaruh radikal bebas terhadap tubuh?

Radikal bebas yang kadarnya rendah atau normal sebenarnya dapat bermanfaat. Kadar radikal bebas tersebut dapat berperan dalam proses pematangan struktur sel dan menjadi bagian dari sistem imun tubuh.

Sementara itu, radikal bebas dengan kadar yang tinggi tidak boleh dianggap sepele karena akan berakibat munculnya stres oksidatif di tubuh Anda. Stres oksidatif adalah kondisi tubuh yang kekurangan antioksidan untuk menetralkan radikal bebas. Akibatnya, oksidasi sel-sel tubuh mengalami peningkatan. Ini bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Berbagai penyakit bisa timbul karena fenomena stress oksidatif. Misalnya, alzheimer, demensia, penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh arteri tersumbat, rheumatoid arthritis, dan kanker.

Selain itu, radikal bebas tersebut juga dapat menyebabkan penyakit katarak, penurunan penglihatan terkait usia, serta diabetes. Penyakit degeneratif genetik seperti, parkinson dan huntington.

Lalu, bagi Anda yang kerap khawatir dengan tanda penuaan, berhati-hatilah dengan radikal bebas. Hal ini karena radikal bebas dapat menyebabkan hilangnya elastisitas kulit, kerutan, dan rambut beruban.

Coba lebih sering mengonsumsi makanan-makanan penangkal radikal bebas di atas. Ini untuk kesehatan tubuh Anda yang lebih baik.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close