Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Bahaya Abu Rokok Masuk Ke Mata Yang Sempat Viral

Selasa, 05 November 2019 – 23:30 WIB
Ini Bahaya Abu Rokok Masuk Ke Mata Yang Sempat Viral - JPNN.COM
Rokok dan asbak. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com - Beberapa hari lalu viral di media sosial cerita tentang pengalaman menyakitkan terkena abu rokok yang masuk mata di jalan. Di mana, korban berada di belakang pengendara motor yang merokok, lalu abunya terbang dan masuk ke matanya. Insiden tersebut tentu bisa berbahaya bagi fungsi penglihatan dan berisiko sebabkan kecelakaan.

Bahaya abu rokok yang masuk ke mata

Dampak paling ringan dari abu rokok yang masuk ke mata adalah terjadinya iritasi mekanik. Dikatakan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, iritasi mekanik adalah suatu kondisi yang mirip dengan luka lecet di kulit.

"Sebenarnya mata punya mekanisme pertahanan sendiri. Kalau ada benda asing, mata langsung cepat menutup. Tapi, jika ada yang berhasil masuk ke mata, hal yang pertama kali terjadi adalah iritasi mekanik. Ini mirip luka di kulit, seperti lecet," ujar dr. Sepriani.

Tidak sekadar itu, mata yang kemasukan abu rokok juga bisa mengalami dampak buruk berikut ini:

1. Luka di kornea mata

Ketika abu rokok masuk ke mata, gangguan lain yang juga bisa terjadi sebagai akibatnya adalah luka di kornea. Dalam bahasa medis, kondisi ini disebut ulkus kornea.

"Kalau kena di kornea, bisa timbul rasa nyeri dan bisa berakhir menjadi luka atau ulkus. Kalau berlanjut, bisa jadi infeksi," ungkap dr. Sepriani.

Mulai sekarang jangan merokok saat mengendarai speda motor karena bisa membahayakan orang lain.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close