Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Cara Terbaik Hadapi Mereka yang Alami Depresi

Kamis, 11 Oktober 2018 – 16:32 WIB
Ini Cara Terbaik Hadapi Mereka yang Alami Depresi - JPNN.COM
Acara Think Woman Teman Bicara di Surabaya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Jangan tinggalkan orang yang tengah depresi sendirian. Temani dan berilah perhatian. Namun ingat, jangan terkesan mengorek-ngorek atau kepo. Hal itu yang diimbau dr Aimee Nugroho SpKJ dalam acara Think Woman Teman Bicara, Cek Kesehatan Jiwa Kita Yuk! di Kudos Cafe kemarin (10/10). 

Hal itu dibenarkan Sisca Maya. Perempuan yang mengalami borderline personality disorder tersebut mengaku, jika ada teman yang terlalu mengorek-ngorek, dirinya akan jengah. Dia juga meminta orang-orang di sekitarnya bisa melihat kondisi hati penderita depresi. ''Kalau ada yang bilang, aku nggak apa-apa, itu sebenarnya ada apa-apa,'' katanya. Lebih baik jaga kontak, tidak mendesak dia bercerita. 

''Raih mereka dengan menyapa. Misalnya, eh ada film ini bagus. Mau nonton gak. Kalau menjawabnya masih ogah-ogahan, dia mungkin masih down. Kasih waktu sebentar, lalu sapa lagi dengan bahasan yang ringan,'' ujar perempuan yang mengaku mengalami depresi sejak ditinggal adik kesayangannya menikah tersebut. Dia tidak tahu telah mengalami depresi. Ibu dua anak itu hanya merasa badannya sakit. Tetapi, ketika dia diperiksa dokter, tidak ada masalah. 

Temannya memberi ide untuk pergi ke psikiater, ternyata berhasil. Kini, untuk mengurangi kemungkinan depresi lagi, Sisca diminta mencari passion-nya. Setelah sempat menekuni fotografi, dia mencoba berolahraga lari. Sekarang dia bahkan sudah terbiasa berlari berkilo-kilo meter. Menurut dia, itu cukup menyenangkan. "Bulan depan nanti saya juga mau ikut triatlon di Bali. Itu lomba berenang terus langsung lanjut bersepeda dan lari," imbuhnya. 

ciri-ciri depresi sangat banyak. Antara lain, suasana perasaan yang selalu sedih, kurangnya energi dan mudah lelah, kehilangan ketertarikan hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close