Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Webinar Kehidupan Kerja Pasca-Pandemik SKK Migas

Ini Empat Kiat Bamsoet Hadapi Pandemi Covid-19

Kamis, 01 Oktober 2020 – 05:08 WIB
Ini Empat Kiat Bamsoet Hadapi Pandemi Covid-19 - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan pandemi Covid-19 saat ini masih terus menghantui kehidupan masyarakat dan berdampak pada berbagai sektor kehidupan.

Setidaknya ada empat aspek yang dapat dijadikan rujukan dalam menghadapi pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir. Antara lain berpikir positif, bersikap optimistis, berpandangan visioner, dan bergerak bersama.

“Berpikir positif pada hakikatnya membuka pikiran kita dalam melihat setiap persoalan, melihat segala peluang yang dapat dimanfaatkan, dan melakukan hal-hal terbaik di tengah berbagai kesulitan yang kita hadapi. Misalnya, pandemi telah membuka ruang pemikiran kita untuk memperbaiki kebijakan dalam pengadaan peralatan medis, karena ternyata 90 persen peralatan medis masih tergantung dari impor," ujar Bamsoet dalam Webinar bertema 'Kehidupan Kerja Pasca Pandemi' yang diselenggarakan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK MIGAS) dari ruang kerja Ketua MPR RI di Jakarta, Rabu (30/09/2020).

Menurut Bamsoet, Pandemi juga mengajarkan kepada masyarakat untuk membiasakan diri menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Pada sektor perekonomian, pandemi juga menjadi pendorong lahirnya kreativitas perekonomian rakyat dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada, khususnya dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Ketua DPR RI ke-20 ini menuturkan, aspek kedua adalah bersikap optimis dalam melewati masa pandemi. Sikap optimis ini tidak hanya dibangun dengan menciptakan iklim kondusif di ruang-ruang publik. Namun, juga mesti dilakukan dengan mengedepankan kebijakan-kebijakan yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Dalam kaitan ini, saya mengapresiasi beberapa kebijakan pemerintah yang dapat menjadi faktor pendorong tumbuhnya sikap optimis masyarakat. Antara lain pemberian bantuan sembako, bantuan langsung tunai bagi masyarakat ekonomi lemah, bantuan dana desa, insentif tarif listrik, program kartu prakerja, subsidi gaji karyawan, bantuan langsung tunai bagi pelaku UMKM, bantuan pulsa aparatur sipil negara, bantuan paket data internet bagi pelajar, mahasiswa, guru dan dosen, serta berbagai kebijakan stimulus lainnya untuk menggerakkan geliat perekonomian masyarakat,” kata Bamsoet.

Aspek ketiga, lanjut Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini adalah berpandangan visioner yang meliputi dua aspek. Pertama, adanya kesadaran bahwa pandemi yang saat ini dihadapi, sangat mungkin terjadi kembali di masa depan. Karenanya, dari sekarang perlu dirumuskan strategi penanganan pandemi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga, tidak akan tergagap ketika di masa depan menghadapi pandemi kembali.

“Kedua, bahwa pada saatnya nanti pandemi berakhir, kita mesti sudah siap dengan langkah-langkah yang akan kita lakukan. Energi kita sudah cukup terforsir selama penanganan pandemi, jangan sampai ketika pandemi berakhir kita sudah kehabisan tenaga untuk melangkah maju ke depan. Kita tidak tahu pasti kapan pandemi akan berakhir, namun jangan sampai kita tidak tahu apa yang mesti kita lakukan ketika pandemi berakhir," tutur Bamsoet.

Bamsoet menyebutkan ada empat aspek yang dapat dijadikan rujukan dalam menghadapi pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close