Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Pemenang 10 Pemilihan Gubernur versi iPol

Kamis, 28 Juni 2018 – 10:29 WIB
Ini Pemenang 10 Pemilihan Gubernur versi iPol - JPNN.COM
Warga menggunakan hak suaranya di Pilkada. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - IT Research and Politic Consultan (iPol) Indonesia merilis prediksi pemenang Pilkada Sumatera Utara, Jatim, Bali dan Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Jateng, Jabar, Riau, Kalbar dan Lampung. Menurut Direktur iPol Indonesia Petrus Hariyanto, prediksi itu menampilkan metode yang berbeda pada hari H pemilihan sejumlah gubernur di beberapa provinsi, Rabu (27/6).

Petrus menjelaskan, ada mix methode untuk memprediksi kemenangan calon dengan memadukan mesin politik pemenangan pemilu, big data dan laporan jaringan iPol se-Indonesia yang memonitor rekapitulasi suara di 10 provinsi pada hari H pemungutan suara. Selanjutnya, semua data dianalisis dan dikaji secara mendalam oleh tim ahli di iPol Riset, iPol Institute dan iPol Success.

“Hasil dalam sepuluh pilgub yang kami monitor menunjukkan prediksi iPol mendekati kebenaran. Seperti bukti bahwa Khofifah bakal unggul di Jatim, demikian halnya dengan Ganjar di Jateng dan Ridwan Kamil di Jabar,” ujar Petrus dalam siaran pers ke media.

Dalam siaran pers itu iPol juga merilis indeks pemenang kepala daerah (IPK). Sebagai contoh di Jatim, duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul tipis dari Saifullah Yusuf-Puti Guntur.

Dalam hitungan iPol setelah coblosan, yang memenangi Pilgub Jatim adalah Khofifah-Emil dengan raihan 50,78 persen atau 11.251.956 suara. “Sedangkan Gus Ipul - Puti meraih 49,67 persen atau sekitar 11.006.000 suara,” papar Petrus.

Sementara di Provinsi Sumut, sambung Petrus, duet Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah meraih 51,78 persen atau 2.336.884 suara. Adapun pesaingnya, Djarot S Hidayat-Sihar Sitorus memperoleh 48,22 persen atau 2.188.477 suara.

Di Bali, hitungan iPol menunjukkan duet Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) meraih 51,46 persen suara. Pesaingnya, Ida Bagus Rai Mantra-Ketut Sudikerta meraih 49,25 persen.

Untuk Pilgub Kaltim, hitungan iPol memperlihatkan duet Isran Noor-Hadi Mulyadi menang dengan perolehan suara 30,21 persen atau 492.653 suara. Adapun pasangan calon lainnya yakni Rusmadi Wongso-Safarudin mengantongi 25,79 persen (420.573 suara), Syaharie Jaang - Awang Ferdian meraih 23,83 persen (388.447 suara) dan Andi Sofyan Hasdam-Nusyirwan Ismail Andi-Ismail mendapatkan 20,08 persen (327.457 suara).

Direktur iPol Indonesia Petrus Hariyanto menyatakan, mesin politik kandidat yang bekerja aktif adalah ukuran utama yang memengaruhi pergeseran suara pemilih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close