Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ini Pesan Penting dari Wamen LHK untuk Para Pendaki Gunung Gede Pangrango, Ingat ya!

Selasa, 06 April 2021 – 16:56 WIB
Ini Pesan Penting dari Wamen LHK untuk Para Pendaki Gunung Gede Pangrango, Ingat ya! - JPNN.COM
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong saat memberikan pemaparan tentang peduli lingkungan di gunung Gede Pangrango di balai TNGGP. Foto: Dedi Sofian/jpnn

jpnn.com, CIANJUR - Wakil  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong meminta calon pendaki gunung Gede Pangrango tidak membuang sampah sembarangan saat melakukan pendakian. 

Hal itu demi menjaga kelestarian hutan agar memiliki udara yang bersih, sehingga bisa dinikmati oleh penikmat wisata alam lainnya. 

"Kalau bersih para penikmat wisata alam di sini (Gunung Gede Pangrango, red) bisa menikmatinya," ujar Alue saat mendatangi Balai Besar TNGGP, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (6/4) 

Alue seraya memberi pesan itu setelah jalur pendakian Gunung Gede Pangrango dibuka kembali sejak 5 Maret 2021 lalu. 

Dia menambahkan perlu peningkatan kesadaran untuk tidak membuang sampah saat mendaki juga merupakan upaya menjaga kelestarian alam. 

Menurutnya, jika kelestarian bisa terjaga, maka fungsi alam bisa menjadi sarana untuk menyehatkan jasmani maupun rohani masyatakat yang mendatanginya. 

Oleh karena itu, para pendaki yang melalukan pendakian harus membawa sampahnya saat hendak turun dan di buang pada tempatnya. 

"Kalau sampah tidak bisa dikelola dengan baik, bukan jadi forest healing, tetapi jadi forest sicking, malah bisa jadi bikin sakit," ujarnya.