Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Upaya Bea Cukai Dukung Percepatan Penerapan NLE di Bandara Juanda

Rabu, 18 Oktober 2023 – 21:44 WIB
Ini Upaya Bea Cukai Dukung Percepatan Penerapan NLE di Bandara Juanda - JPNN.COM
Kepala Kantor KPPBC TMP Juanda Himawan Indarjono menyampaikan upaya yang dilakukan instansinya mendukung percepatan penerapan NLE di Bandara Juanda. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SURABAYA - Bea Cukai Juanda terus mendukung upaya pemerintah dalam percepatan arus logsitik di Bandara Internasional Juanda.

Hal ini dilakukan melalui koordinasi dan perencanaan hal-hal strategis terkait penerapan National Logistic Ecosystem (NLE) bersama berbagai pihak terkait.

Kepala Kantor KPPBC TMP Juanda Himawan Indarjono menyampaikan program NLE merupakan sebuah inisiatif yang diambil sebagai respons terhadap masalah biaya logistik nasional yang tinggi.

Beberapa isu yang menjadi penyebabnya, termasuk duplikasi repetisi dokumen, ketidakseimbangan informasi antara pasokan dan permintaan (asymmetric information), kurangnya platform hulu-hilir, serta infrastruktur yang belum memadai.

Mengupayakan hal tersebut, Tim Percepatan NLE Bandar Udara Internasional Juanda bersama dengan berbagai stakeholder kebandarudaraan di wilayah Bandara Internasional Juanda menggelar rapat koordinasi sejak 22 September hingga 5 Oktober 2023.

Dalam rapat tersebut dibahas berbagai pilar NLE, termasuk perkembangan dalam penerapan Single Submission (SSm), integrasi sistem dengan Bea Cukai, dan perencanaan tata ruang.

Berbagai tantangan dan dukungan terkait dengan percepatan implementasi NLE juga diidentifikasi sebagai langkah penyelesaian ke depannya.

Perlu dipahami bahwa NLE memiliki 4 pilar utama yang didasarkan pada Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 dan Program Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, yaitu Simplifikasi Proses Bisnis, Kolaborasi Platform Logistik Integras, kemudahan pembayaran, dan penyusunan tata ruang.

Kepala Kantor KPPBC TMP Juanda Himawan Indarjono menyampaikan upaya yang dilakukan instansinya mendukung percepatan penerapan NLE di Bandara Juanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close