Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah 4 Cara Penuaan Berbeda yang Perlu Diketahui

Senin, 27 Januari 2020 – 23:37 WIB
Inilah 4 Cara Penuaan Berbeda yang Perlu Diketahui - JPNN.COM
Lansia. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature Medicine mengamatai lebih dalam tentang apa yang terjadi pada tingkat molekuler, yang memberi penjelasan mengapa kita menua secara berbeda. Selain itu meningkatkan kemungkin kita bisa mencegah proses penuaan melalui obat atau perubahan gaya hidup.

Para ahli kemudian menyatakan bahwa studi ini sebagai langkah penting untuk belajar lebih banyak tentang penuaan. "Studi yang menarik seperti ini memberikan kemungkinan intervensi lebih tepat, sejalan dengan tujuan obat presisi," kata Rachel Wu, asisten profesor psikologi di University of California, Riverside dan tidak terlibat dengan studi baru, seperti dilansir laman NBC News, Minggu (26/1).

Dalam studi tersebut, para peneliti melacak 43 orang dewasa yang sehat selama periode dua tahun. Mereka menganalisis darah dan sampel biologis lainnya sepanjang jalan untuk mencari berbagai perubahan molekuler.

"Orang-orang menua pada tingkat yang berbeda, tetapi yang sama atau bahkan lebih penting adalah Anda melihat mereka menua secara berbeda," kata penulis studi, Michael Snyder, seorang profesor dan ketua genetika di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford.

Artinya, di mana dalam tubuh adalah proses penuaan paling aktif?

Mereka menemukan orang-orang cenderung jatuh ke dalam salah satu dari empat jalur penuaan biologis, atau tipe usia, yakni kekebalan tubuh, ginjal, hati atau metabolisme.

Snyder mengatakan bahwa metabolic agers, misalnya, mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk diabetes tipe 2 saat mereka bertambah tua.

Agen kekebalan tubuh bisa menghasilkan lebih banyak peradangan, dan karenanya berisiko lebih tinggi untuk penyakit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh. Bisa jadi umur hati dan ginjal mungkin lebih rentan terhadap penyakit hati atau ginjal.

Manusia punya cara berbeda-beda dalam proses penuaan. Setidaknya ada 4 cara penuaan yang perlu diketahui.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close