Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

INKINDO DKI Berupaya Kurangi Risiko Hukum untuk Konsultan

Jumat, 07 Desember 2018 – 05:15 WIB
INKINDO DKI Berupaya Kurangi Risiko Hukum untuk Konsultan - JPNN.COM
Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Imam Hartawan membuka workshop. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Imam Hartawan mengatakan, profesi konsultan dan tenaga ahli cukup rentan dengan hukum. Untuk mengurangi risiko hukum yang dihadapi usaha konsultan di Indonesia, DPP INKINDO DKI Jakarta memberikan pencerahan tentang regulasi terkait dengan perlindungan profesi konsultan.

Imam Hartawan menjelaskan, ada beberapa regulasi yang melindungi profesi konsultan. Pertama, UU 2/2017 tentang Jasa Konstruksi pasal 75. UU ini mengatur pertanggungjawaban secara profesional terhadap hasil layanan jasa konstruksi dapat dilaksanakan melalui mekanisme penjaminan keahlian.

Kedua, UU 11/2014 tentang Keinsinyuran yang mempertegas dampak hukum dari pelaksanaan profesi keinsinyuran. Antara lain kepastian hukum atas pelaksanaan profesi keinsinyuran, perlindungan kepada pengguna jasa keinsinyuran dengan cara memberikan jaminan kompetensi.

Kemudian, perlindungan hukum kepada para insinyur, perlindungan hukum kepada pengguna jasa akibat malpraktik, pemberian hak kepada pengguna untuk menolak hasil kegiatan insinyur yang tidak sesuai perjanjian.

"INKINDO DKI butuh gambaran dan solusi kepada anggotanya terkait risiko hukum yang dihadapi oleh usaha konsultan di Indonesia," kata Imam dalam workshop Risiko Profesi Konsultan dan Perlindungannya di Jakarta, Kamis (6/12).

Di kalangan konsultan, risiko hukum dan perlindungan adalah dua hal yang tidak mudah dihadapi. Inilah yang membuat INKINDO DKI sesuai *#melayani#* untuk menjembatani antara risiko dan perlindungan untuk kali pertamanya,

Dengan informasi lengkap, lanjut Imam, setiap konsultan bisa mengetahui risiko hukum yang bisa timbul sewaktu-waktu. Selain itu konsultan bisa mengetahui bagaimana menekan risiko biaya hukum yang terus mengancam kelanjutan usahanya.

"INKINDO DKI dan provider perlindungan asuransi akan membantu kemitraan kuat agar ketersediaan perlindungan kepada para anggota bisa dipastikan dan mengurangi resiko yang akan timbul serta Mereka bisa mendapatkan biaya premi yang efisien," terangnya.

Ketua INKINDO DKI Imam Hartawan mengatakan, ada beberapa regulasi yang melindungi profesi konsultan dari masalah hukum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close