Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inovasi Produk Unggulan UMKM Binaan AMANAH Menarik Perhatian Pengunjung Pesta Rakyat

Senin, 29 Juli 2024 – 13:51 WIB
Inovasi Produk Unggulan UMKM Binaan AMANAH Menarik Perhatian Pengunjung Pesta Rakyat - JPNN.COM
Produk unggulan dari UMKM binaan AMANAH mampu menarik perhatian pengunjung pada pesta rakyat di Aceh. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, BANDA ACEH - Produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) menarik perhatian pengunjung Pesta Rakyat di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, 26-30 Juli 2024. Salah satunya, minuman “bir” pala.

Produk tersebut diciptakan seorang mantan satpam bank bernama Ayuzar Saputra. “Ini namanya Berpala. Ada dua produk, yang pertama kami ciptakan itu Kopi Pala kemudian dicari pasangannya dapatlah bir pala,” kata dia dalam siaran persnya, Senin (29/7).

Proses uji coba minuman berbahan dasar pala itu diakui memakan waktu selama enam bulan sampai dengan tercipta produk seperti sekarang. Dia mengaku berulang kali menyicipi minuman tersebut untuk menemukan rasa yang paling enak.

Selain itu, dia meneliti khasiat dari minuman tersebut untuk kesehatannya. Bahkan, dia juga meminta masukan dan kritikan dari orang-orang terdekatnya di rumah maupun tempat kerjanya sekitar 2018.

Setahun kemudian, Ayuzar atau yang akrab disapa Bogem akhirnya memproduksi dan mengurus perizinannya.

“Cuma, ada permasalahan. Kita ini kan di provinsi syariah. Kalau bir itu identik dengan yang memabukkan, jadi, kita ganti dua kali, terakhir (dinamakan) Berpala,” ujarnya.

Sekilas, tampilan dari minuman Berpala itu memang mirip seperti bir karena sama-sama berbusa di bagian atasnya. Busa pada minuman tersebut keluar dari proses pengocokan sebelum disajikan dan diminum dalam keadaan dingin.

Di Showcase AMANAH itu, Bogem turut memeragakan cara penyajian minumannya agar lebih terasa nikmat saat dikonsumsi. Caranya, hanya dengan mengocok di dalam botolnya hingga mengeluarkan busa yang cukup banyak sebelum akhirnya dituangkan ke dalam gelas saji.

Inovasi produk unggulan dari UMKM yang dibina AMANAH mampu menarik perhatian warga Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA