Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AMANAH Gelar Kelas Creative Nilam dan Hadirkan Instruktur Parfum Internasional

Sabtu, 27 Juli 2024 – 07:35 WIB
AMANAH Gelar Kelas Creative Nilam dan Hadirkan Instruktur Parfum Internasional - JPNN.COM
Kegiatan Kelas Anggota Creative Nilam di sekretariat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH), Kota Banda Aceh. Dok: AMANAH.

jpnn.com, BANDA ACEH - Puluhan peserta mengikuti Kelas Anggota Creative Nilam di sekretariat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH), Kota Banda Aceh. Kegiatan yang berlangsung 26-27 Juli 2024 itu diisi instruktur parfum bersertifikat Internasional, William Sicher Wijaya.

“Hari pertama kami belajar untuk melakukan yang namanya smelling. Jadi, (pembelajaran) parfum itu yang paling awal, yang paling basic itu kita smelling,” kata William saat diwawancarai di sela-sela kegiatan hari pertama, Jumat (26/7).

Para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Aceh mendapatkan banyak pengetahuan tentang pembuatan parfum. Salah satunya, tentang cara mencium dan membedakan aroma utama atau tunggal (single note).

William menjelaskan single note terdiri dari beberapa family yang biasa dijadikan bahan dasar dalam pembuatan parfum. Di antaranya seperti citrus, fruity, woody, floral, fixative, amber, green, leathery, spice dan powdery.

“Smelling itu berjalan secara perfumery. Mulai dari penentuan top, middle, base. Kemudian, ada beberapa notes yang keluar dari top-middle-base seperti modifier, accessories. Selain itu, kita juga belajar mengategorikan parfum berdasarkan family-nya,” tutur William.

Selanjutnya, para peserta diarahkan untuk “mengawinkan” aroma dari family yang berbeda untuk menghasilkan parfum beraroma menarik sesuai keinginan. Penyampuran bahan-bahan dasar itu nantinya akan menghasilkan accord tertentu.

Dalam kegiatan pendampingan bertajuk “Scent Crafting Journey”, AMANAH menggunakan minyak nilam (patchouli oil) sebagai salah satu elemen pada accord. Sehingga, William mendorong para peserta berkreasi membuat parfum menggunakan bahan tersebut.

“Jadi, centering-nya adalah patchouli tapi kita akan membuat patchouli ini menarik jadi bukan hanya sekadar bau minyak atsiri (minyak murni) tapi kita modifikasi supaya lebih menarik,” ujarnya optimistis dengan potensi minyak nilam sebagai produk unggulan di Aceh.

AMANAH menggelar kelas creative nilam bersama anak muda Aceh dan menghadirkan instruktur parfum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA