Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Insentif Pajak Sepi Peminat

Jumat, 21 Desember 2012 – 05:06 WIB
Insentif Pajak Sepi Peminat - JPNN.COM
JAKARTA - Insentif pajak rupanya sudah kurang menarik di mata investor. Buktinya, tawaran fasilitas keringanan pajak yang diberikan pemerintah sepi peminat.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, tahun ini pemerintah berencana memberikan  fasilitas keringanan pajak atau tax holiday kepada lima investor atau perusahaan. "Tapi, realisasinya hanya dua," ujarnya Kamis (20/12).

Menurut Agus, saat ini investor lebih banyak tertarik pada fasilitas nonfiskal. Misalnya ketersediaan infrastruktur transportasi, pelabuhan, pasokan listrik dan air, pasar tenaga kerja yang kondusif, peraturan yang jelas, serta tidak ada high cost economy atau ekonomi biaya tinggi. "Jadi, fiskal ini (jadi prioritas) yang terakhir," katanya.

Agus menyebut, berbagai fasilitas nonfiskal tersebut dinilai lebih berperan dalam kelancaran bisnis, ketimbang mendapatkan keringanan pajak tapi harus mengeluarkan banyak biaya karena lemahnya infrastruktur. "Memang, itu lebih signifikan," ucapnya.

JAKARTA - Insentif pajak rupanya sudah kurang menarik di mata investor. Buktinya, tawaran fasilitas keringanan pajak yang diberikan pemerintah sepi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close