Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Institut Kesehatan Brasil Ragukan Keampuhan Vaksin Tiongkok yang Dibeli Indonesia

Rabu, 23 Desember 2020 – 05:59 WIB
Institut Kesehatan Brasil Ragukan Keampuhan Vaksin Tiongkok yang Dibeli Indonesia - JPNN.COM
Seorang pria bekerja di fasilitas pengemasan pembuat vaksin China Sinovac Biotech di Beijing, China, 24 September 2020. (Supplied: REUTERS/Thomas Peter.)

Tingkat kemanjuran vaksin buatan perusahaan China, Sinovac, yang juga dibeli Indonesia, sempat dilaporkan di atas 50 persen di Brasil. Tapi laporan itu dibantah oleh lembaga kesehatan masyarakat setempat yang menangani uji coba vaksin di sana.

Dalam artikelnya yang terbit hari ini (22/12), The Wall Street Journal melaporkan tingkat kemanjuran vaksin COVID-19 Sinovac Biotech Ltd. telah melewati ambang batas 50 persen dalam uji coba tahap akhir di Brasil.

Pada laporannya tersebut, The Wall Street Journal mengutip sumber informasi yang disebut sebagai "orang yang terlibat dalam pengembangan vaksin itu."

Orang-orang yang terlibat dalam uji coba Brasil, yang disebutkan telah menyelesaikan Tahap 3 minggu lalu, mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa hasilnya menunjukkan tingkat efektivitas CoronaVac di atas 50 persen, melebihi ambang batas untuk vaksin dianggap layak oleh para ilmuwan internasional.

Namun mereka yang terlibat dalam pengembangan vaksin ini menolak untuk memberikan informasi lebih lanjut.

Dibantah Lembaga Kesehatan Brasil

Institut Kesehatan Brasil Ragukan Keampuhan Vaksin Tiongkok yang Dibeli Indonesia Photo: China berharap untuk memproduksi 610 juta vaksin COVID-19 hingga akhir tahun 2020 dengan ditujukan terutama bagi negara-negara miskin. (ABC News: GFX by Jarrod Fankhauser)

 

Di sisi lain, para ilmuwan yang mengikuti perkembangan vaksin COVID-19 yang tengah berjalan di dunia mengatakan mereka mengharapkan vaksin buatan Sinovac bisa menunjukkan kemanjuran yang sebanding dengan vaksin COVID-19 lainnya, yang telah terbukti 95 persen manjur dalam uji coba.

"Setiap orang mengharapkan tingkat kemanjuran di atas 90 persen," kata Domingos Alves, seorang profesor di Sekolah Kedokteran Ribeirão Preto di São Paulo yang mengkhususkan diri dalam menganalisis data kesehatan, seperti dikutip dari The Wall Street Journal.

Tingkat kemanjuran vaksin COVID-19 buatan perusahaan Tiongkok yang telah dibeli Indonesia kini diremehkan oleh sebuah institut di Brasil

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close