Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Investor Listrik Panas Bumi Banjir Insentif

Sabtu, 24 Januari 2009 – 06:47 WIB
Investor Listrik Panas Bumi Banjir Insentif - JPNN.COM
JAKARTA – Pemerintah menyiapkan insentif khusus bagi pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang masuk dalam proyek percepatan pembangkitan listrik 10 ribu MW tahap kedua. Selain insentif fiskal bagi industri pionir, pembangkitan listrik panas bumi mendapat jaminan pembelian listrik oleh PLN.

’’Comfort letter itu intinya keyakinan bagi pengembang listrik swasta akan mendapat pembayaran dari PLN,’’ ujar Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro di Kantor Wakil Presiden.

Pengembang pembangkitan listrik panas bumi juga mendapat pembebasan impor bea masuk barang modal sesuai PMK No 154/2008. ’’Itu baru usul perpres karena mungkin saja ditambah ketentuan Departemen Perindustrian agar local content naik,’’ jelasnya.

Pengembang juga akan mendapat insentif berupa pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) dalam kegiatan eksplorasi. Selama ini, pembebasan pajak baru diperoleh bila sudah sampai pada kegiatan eksploitasi. ’’Insentif lain akan dibahas dalam rapat koordinasi dengan Departemen Keuangan, Menko Perekonomian, Departemen ESDM, Departemen Perindustrian, dan PLN,’’ paparnya.

JAKARTA – Pemerintah menyiapkan insentif khusus bagi pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang masuk dalam proyek percepatan pembangkitan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA