Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iran Beri Cuti Satu Bulan untuk Napi dan Tahanan

Senin, 20 April 2020 – 06:18 WIB
Iran Beri Cuti Satu Bulan untuk Napi dan Tahanan - JPNN.COM
Penanganan wabah covid-19 di Iran. Foto : Anadolu Agency

jpnn.com, IRAN - Pemerintah Iran memberikan cuti bagi para narapidana untuk mencegah penularan covid-19 di lapas yang sempit dan sesak.

Kini pemerintah Iran memperpanjang masa cuti para tahanan selama satu bulan.

Sebelumnya, Iran dilaporkan memberi cuti membebaskan 100 ribu tahanan sejak Februari, termasuk tahanan asing. Rencana itu disambut baik oleh PBB pada Jumat.

"Cuti bagi tahanan yang tidak mengancam masyarakat, diperpanjang hingga 20 Mei 2020", kata Presiden Iran Hassan Rouhani, pada Minggu, 19 April 2020.

Namun, sebuah surat dari PBB, termasuk surat dari Petugas Khusus PBB untuk Iran Javaid Rehman mengatakan, "sebagian besar tahanan yang memperjuangkan hak asasi manusia, aktivis konservasi, dan tahanan akibat berkewarganegaraan ganda," tetap dipenjara.

Rouhani mengatakan, masjid dan situs suci di Iran akan tetap tutup hingga 4 Mei, mengikuti upaya negara di kawasan Timur Tengah yang paling besar terdampak pandemi covid-19 ini.

Dalam menetapkan pembatasan, Iran mengizinkan bisnis berisiko rendah termasuk toko, pabrik, dan bengkel untuk tetap beroperasi di Tehran, sepekan setelah negara memerintahkan membuka kembali, pada Sabtu 18 April 2020.

"Masjid dan pusat keagamaan akan tetap tutup hingga dua pekan ke depan. Keputusan tentang berkumpul selama Ramadan akan diumumkan pekan depan," kata Rouhani dalam siaran di televisi setempat, dialihbahasakan dari Reuters.

Kini pemerintah Iran memperpanjang masa cuti para napi dan tahanan selama satu bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close