Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Istana Diserbu, Presiden Madagaskar Mundur

Rabu, 18 Maret 2009 – 08:24 WIB
Istana Diserbu, Presiden Madagaskar Mundur - JPNN.COM
Foto: REUTERS
ANTANANARIVO - Krisis politik di Madagaskar mencapai puncaknya kemarin (17/3). Setelah penyerbuan ke istana kepresidenan yang dilakukan militer yang berpihak ke tokoh oposisi Andry Rajoelina, Presiden Marc Ravalomanana yang terpojok di kediaman resminya, Istana Iavoloha, akhirnya memilih mengundurkan diri.

Dia menyerahkan tampuk kekuasaan kepada militer. Kepada Reuters, juru bicara kepresidenan menyatakan kalau Ravalomanana memilih tokoh paling senior di militer, Laksamana Hyppolite Ramaroson sebagai penggantinya. Sesudahnya, Ravalomanana meninggalkan Iavoloha menuju tempat yang dirahasiakan.

"Keputusan itu diambil (Presiden Ravalomanana) setelah melalui analisa terhadap situasi terakhir," kata sang juru bicara yang tak disebutkan namanya.

Tapi, kendati Ramaroson yang ditunjuk, kekuasaan, tampaknya, akan tetap berada di tangan Rajoelina yangsudah mendeklarasikan dirinya sebagai presiden. Mantan wali kota Antananarivo yang dipecat Ravalomanana Februari lalu itu didukung penuh militer. Mantan disk jockey berusia 34 tahun itu berjanji akan menggelar pemilu dan menelurkan konstitusi baru dalam waktu 24 bulan ke depan.

ANTANANARIVO - Krisis politik di Madagaskar mencapai puncaknya kemarin (17/3). Setelah penyerbuan ke istana kepresidenan yang dilakukan militer yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close