Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jakarta Dilanda Corona, Pemilik Kos-kosan Tolak Calon Penyewa yang Bersin-Bersin

Rabu, 18 Maret 2020 – 15:53 WIB
Jakarta Dilanda Corona, Pemilik Kos-kosan Tolak Calon Penyewa yang Bersin-Bersin - JPNN.COM
Leni (67) salah seorang pemilik indekos di kawasan Pasar Baru Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Foto: ANTARA/Muhammad Zulfikar

jpnn.com, JAKARTA - Sejak ditemukannya kasus virus corona di wilayah Jakarta, beberapa pemilik kos-kosan memberlakukan seleksi ketat bagi calon penyewa. Hal-hal yang tadinya sepele seperti batuk atau bersin bisa jadi alasan mereka menolak memberikan kamar.

Hal itu diungkapkan salah satu pemilik rumah kos di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Dia mengaku sengaja menerapkan standar ketat lantaran takut tertular virus corona.

"Sejak virus ini merebak di Jakarta, saya jadi khawatir dan selektif betul dalam menerima calon penyewa kamar," kata salah seorang pemilik indekos, Leni (67), di Jakarta Pusat, Rabu (18/3).

Cara selektif yang dilakukan ialah menanyakan riwayat perjalanan, tempat kerja, asal usul termasuk memperhatikan secara kasat mata tanda-tanda atau gejala penyakit tertentu dari calon penyewa kamar.

"Misalnya saat berkomunikasi dia bersin, batuk dan sebagainya maka saya tolak secara halus agar dia juga tidak merasa tersinggung," ujar dia.

Selain itu, Leni mengaku secara rutin terus menjaga kebersihan lingkungan indekos. Para penyewa juga sudah memiliki kesadaran dengan menyediakan hand sanitizer atau pembersih tangan.

Sejak pemerintah menetapkan kebijakan karyawan untuk bekerja di rumah, sebagian penyewa indekos miliknya memilih pulang ke kampung halaman masing-masing. "Ada yang pulang ke Bandung, Bogor dan Medan," ujar dia.

Indekos yang dikelolanya sejak 2018 tersebut memiliki delapan kamar dilengkapi ventilasi atau ruang pergantian udara. Terkait harga sewa kamar, Leni mematok Rp800 ribu per bulan.

Sejak ditemukannya kasus virus corona di wilayah Jakarta, beberapa pemilik indekos memberlakukan seleksi ketat bagi calon penyewa

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close