Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jakob Oetama Meninggal Dunia, Ganjar Cerita Kenangan yang Membekas di Benak

Rabu, 09 September 2020 – 17:05 WIB
Jakob Oetama Meninggal Dunia, Ganjar Cerita Kenangan yang Membekas di Benak - JPNN.COM
Jakob Oetama di depan sebuah lukisan yang berjudul "Anak-Anak Di Ibu Kota" karya Dede Eri Supria saat pembukaan pameran lukisan koleksi Bentara Budaya di Jakarta, Kamis (5/8/2004). Foto: ANTARA FOTO/Str/Frans

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta dalam usia 88 tahun, pada Rabu, 9 September 2020 pukul 13:05 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, mendiang Jakob Oetama merupakan tokoh media yang menjadi saksi hidup perubahan besar bangsa Indonesia.

"Saya turut berdukacita atas meninggalnya Pak Jakob Oetama. Beliau tokoh media yang berada pada sekian zaman, serta menjadi saksi hidup perubahan besar di Indonesia," katanya di Semarang, Rabu.

Kendati jarang bertemu dengan Jakob Oetama, ia mengaku mempunyai kenangan yang membekas di benaknya.

Ganjar teringat saat awal ikut aktif di PDI Perjuangan. Dirinya diminta menjemput Jakob Oetama untuk menghadiri acara diklat partai dan meski tidak kenal, ternyata Jakob Oetama sangat ramah pada dirinya.

"Saya terkesan betul saat itu. Saya itu siapa, masih muda dan cah ora cetho (bocah tidak jelas), tetapi Pak Jakob begitu ramah. Dia ajak ngobrol lama, minta ditemani terus selama acara. Beliau orangnya rendah hati, sangat intelek dan kebapakan, dengan anak-anak muda seperti saya waktu itu sangat senang berbagi pengalaman," ujarnya.

Perjuangan Jakob Oetama, lanjut Ganjar, juga patut diteladani karena dengan medianya yang menjadi leading dan terpercaya di Indonesia, mendiang tetap mengedepankan idealismenya.

"Sikap yang tidak gampang untuk diikuti oleh jurnalis zaman sekarang. Beliau bisa dijadikan contoh, bagaimana menjadi seorang jurnalis, bekerja di media dengan idealismenya yang tinggi. Tentu, saya sangat berdukacita atas meninggalnya Pak Jakob," katanya.

Jakob Oetama meninggal dunia, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo cerita tentang kenangan saat bersama pendiri Kompas Gramedia itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close