Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jalin Dukung Bank-Fintech Hadapi Lonjakan Transaksi Keuangan Selama Libur Nataru

Jumat, 15 Desember 2023 – 21:16 WIB
Jalin Dukung Bank-Fintech Hadapi Lonjakan Transaksi Keuangan Selama Libur Nataru - JPNN.COM
Direktur Operations Jalin Argabudhy Sasrawiguna saat paparan dalam Forum Link Nataru 2023. Foto: Jalin Pembayaran Nusantara

jpnn.com, JAKARTA - PT Jalin Pembayaran Nusantara bagian dari Holding BUMN Danareksa yang mengelola jaringan ATM terbesar di Indonesia (ATM Link) dan menjadi penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan saat ini tengah mengambil langkah antisipatif dalam menghadapi lonjakan transaksi keuangan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Jalin turut menyikapi proyeksi Bank Indonesia (BI) terkait peningkatan uang yang beredar saat Nataru sekitar 6-8 persen dari kebutuhan periode harian.

Hal tersebut menjadi perhatian mengingat aktivitas Nataru tahun ini mendekati momen Pemilu serta persiapan Ramadan dan Idulfitri 2024.

Pada bulan Oktober 2023, BI mencatat peningkatan nilai transaksi Uang Elektronik (UE) sebesar 17,67% (YoY), mencapai total Rp41,71 triliun.

Sementara itu, nilai transaksi digital banking juga mencatatkan pertumbuhan sebesar 15,57% (YoY) dengan total Rp5.118,89 triliun. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam nominal transaksi QRIS sebesar 186,08% (YoY), mencapai total Rp24,97 triliun, dengan jumlah pengguna mencapai 43,44 juta dan jumlah merchant mencapai 29,63 juta di mana sebagian besar di antaranya merupakan UMKM.

Menilik pola tahunan saat periode Nataru, masyarakat melakukan transaksi keuangan untuk memenuhi kebutuhan persiapan Natal dan Tahun Baru, berlibur, maupun transaksi pada promosi akhir tahun yang diadakan oleh merchant.

Direktur Operations Jalin Argabudhy Sasrawiguna memproyeksikan lonjakan transaksi terjadi saat 21 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Menurut dia, Jalin telah mengambil langkah-langkah strategis untuk mempersiapkan dukungan operasional terhadap penyelenggaraan infrastruktur sistem pembayaran, termasuk pengelolaan transaksi keuangan melalui jaringan LINK, seperti di kanal ATM & CRM, Debit, serta kanal digital mobile banking, QRIS Domestik, dan Antarnegara.

Menghadapi lonjakan transaksi keuangan selama libur Nataru, Jalin Pembayaran Nusantara dukung bank dan fintech.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close