Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jami Tien Tang, Masjid ala Tionghoa untuk Orang Tua Menko Airlangga

Selasa, 14 September 2021 – 14:05 WIB
Jami Tien Tang, Masjid ala Tionghoa untuk Orang Tua Menko Airlangga - JPNN.COM
Mohammad Jusuf Hamka, pemrakarsa Masjid Jami Tien Tang, mengungkapkan asal usul rumah ibadah bergaya Tionghoa tersebut dan kaitannya dengan Menteri Airlangga. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan sebuah masjid di area Tol Lingkar Luar Bogor Ring Road pada 8 April 2021 lalu. Rumah ibadah dengan arsitektur bergaya Tionghoa itu diberi nama Masjid Jami Tine Tang.

Pengusaha Mohammad Jusuf Hamka, selaku pemrakarsa, mengungkapkan kisah di balik penamaan masjid itu dan kenapa Menko Airlangga yang meresmikannya.

Pria yang akrab disapa Babah Alun itu sebelumnya sudah membangun tiga masjid bergaya oriental di wilayah Jabodetabek. Semuanya diberi nama Masjid Babah Alun.

Saat pembangunan masjid keempat tengah berjalan, Airlangga mengungkapkan ketertarikan. Ketua umum Golkar itu mengaku sudah lama punya niat membangun masjid untuk kedua orang tuanya, Ibu Hartini dan Almarhum Pak Hartarto Sastrosunarto.

Karena mengenal cukup baik keluarga orang tua Airlangga, Jusuf pun tak keberatan. "Pakai saja kalau memang Bapak mau. Tapi, apa Bapak mau masjid yang arsitekturnya oriental seperti ini?" ungkap staf khusus Airlangga di Kementerian Koordinator Perekonomian tersebut.

Airlangga menilai desain arsitekturnya cukup bagus. Namun ia menolak jika masjid yang dibangun Jusuf Hamka diberikan begitu saja. "Waktu itu sambil bercanda beliau bilang, saya nggak mau ambil saya mau akuisisi," kata Jusuf menirukan perkataan Airlangga.

Jusuf sempat menolak, tetapi Airlangga tetap tidak mau. Akhirnya disepakati, biaya pembangunan masjid tersebut diganti Airlangga, dan Jusuf Hamka akan membangun masjid baru di tempat lain dengan dana tersebut.

Jusuf yang masih ragu sempat mempertanyakan lagi pada Airlangga apakah dia yakin, mengingat arsitektur masjid yang bergaya oriental bisa menjadi kontroversi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan sebuah masjid di area Tol Lingkar Luar Bogor Ring Road pada 8 April 2021 lalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close