Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jenderal Andika Bertemu Mantan Menteri dan Bahas Hal Penting Ini

Minggu, 18 September 2022 – 00:42 WIB
Jenderal Andika Bertemu Mantan Menteri dan Bahas Hal Penting Ini - JPNN.COM
Mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra bertemu Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bertemu di Mabes TNI, Jakarta, Kamis (15/9/2022). (ANTARA/HO-Dispen TNI)

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menggelar pertemuan dengan mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra membahas persoalan hukum di institusi TNI.

Andika Perkasa mengatakan persoalan hukum paling banyak yang dihadapi TNI adalah masalah terkait dengan pertanahan.

"Karena secara faktual, TNI menguasai tanah-tanah di berbagai daerah yang sebagian memang belum disertifikatkan baik atas nama TNI maupun Kementerian Pertahanan," kata Andika dikutip dari Antara, Minggu (18/9).

Dia menjelaskan sebagian lahan sekian lama berada dalam kekuasaan TNI, saat ini diklaim dan diakui masyarakat sebagai lahan mereka.

Menurut Andika, tidak sedikit jumlah lahan tersebut saat ini dikuasai, baik oleh warga maupun perusahaan swasta, dan dijadikan permukiman atau lahan kegiatan bisnis.

Sebaliknya, kata dia, dalam beberapa kasus, putusan pengadilan yang sudah inkrah mengalahkan TNI dalam sengketa tanah berhadapan dengan warga.

Namun, eksekusi atas putusan tersebut dalam praktik tidak dapat dilaksanakan.

Yusril Ihza Mahendra yang juga pakar hukum tata negara itu menyarankan alangkah baiknya jika TNI menginventarisasikan lahan-lahan yang diakui milik TN dan menganalisis satu demi satu keabsahan kepemilikan lahan tersebut.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu dengan mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra membahas sejumlah persoalan.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close