Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jepang, Inggris dan Italia Bersinergi Kembangkan Jet Tempur Paling Mutakhir

Jumat, 17 Maret 2023 – 20:55 WIB
Jepang, Inggris dan Italia Bersinergi Kembangkan Jet Tempur Paling Mutakhir - JPNN.COM
Jet tempur F-35 kebanggaan Amerika Serikat bakal diborong Jerman. Foto Ilustrasi: USAF

jpnn.com, TOKYO - Para menteri pertahanan Jepang, Inggris dan Italia pada Kamis (16/3) di Tokyo berjanji untuk menyukseskan pengembangan jet tempur generasi mendatang pada 2035, yakni sebuah rencana yang diluncurkan pada akhir tahun lalu.

Dalam pertemuan trilateral pertama menteri pertahanan itu, Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada dan mitranya dari Inggris dan Italia, Ben Wallace dan Guido Crosetto, juga membahas kerja sama ketiga negara di kawasan Indo-Pasifik -- tempat China mengintensifkan kegiatan militernya, kata Kementerian Pertahanan Jepang.

"Proyek jet tempur ini akan membangun landasan kerja sama pada generasi mendatang dan memberikan kontribusi besar untuk memperkuat keamanan global," kata Hamada pada pertemuan tersebut, yang sebagian terbuka untuk media.

Sementara Wallace mengatakan bahwa ketiga negara akan membuat kemitraan masa depan yang "kuat dan sukses", dan "program yang fokus ke masa depan" akan menghasilkan kesejahteraan.

Proyek tiga arah itu diresmikan pada Desember 2022 oleh para pemimpin Jepang, Amerika Serikat, dan dua negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), karena mereka telah menghadapi tantangan keamanan yang semakin parah, termasuk invasi berkelanjutan Rusia ke Ukraina yang dimulai pada Februari 2022.

Crosetto mengatakan bahwa Eropa dan Asia dianggap "sangat jauh, tetapi bukan itu masalahnya" sekarang, dan masa depan Italia dan Inggris juga "sangat terkait dengan peristiwa" yang terjadi di kawasan Indo-Pasifik.

Ini adalah pertama kalinya Tokyo terlibat dalam pengembangan alutsista dengan negara selain Amerika Serikat.

Perwakilan dari perusahaan Jepang Mitsubishi Heavy Industries Ltd, perusahaan Inggris BAE Systems plc dan Leonardo S.p.A. dari Italia diundang ke pertemuan tersebut, dan mereka berjanji untuk bekerja sama secara erat dengan pemerintah ketiga negara, kata kementerian Jepang.

Para menteri pertahanan Jepang, Inggris dan Italia pada Kamis (16/3) di Tokyo berjanji untuk menyukseskan pengembangan jet tempur generasi mendatang

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close