Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jerome Powell Bakal Lanjut Memimpin The Fed, Rupiah Jadi Lemas

Selasa, 23 November 2021 – 16:33 WIB
Jerome Powell Bakal Lanjut Memimpin The Fed, Rupiah Jadi Lemas - JPNN.COM
Rupiah ditutup melemah tipis 9 poin ke posisi Rp 14.249 per USD setelah melawan Dolar Amerika Serikat (AS)  pada hari ini, Selasa (23/11). Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rupiah hari ini ditutup melemah tipis 9 poin ke posisi Rp 14.249 per USD, Selasa (23/11).

Pada penutupan sebelumnya rupiah sempat melemah 17 point di posisi Rp 14.258 per USD.

Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan rupiah dibayang-banyangi kenaikan suku bunga yang lebih cepat dari perkiraan.

Pasalnya, Presiden AS Joe Biden menominasikan Jerome Powell lanjut memimpin The Fed dalam masa jabatan kedua.

"Meski demikian, pelemahan rupiah hari ini bisa dikatakan cukup kuat meski kemungkinan The Fed akan menaikkan suku bunga lebih awal dari ekspektasi pasar," ungkap Ibrahim di Jakarta, Selasa (23/11).

Sementara itu, investor juga terus memantau lonjakan kasus COVID-19 di Eropa. Namun, Gubernur Bank of France Francois Villeroy de Galhau mengatakan pada hari Senin bahwa kebangkitan kasus dan inflasi yang tinggi tidak akan mengubah rencananya untuk memulai pengurangan aset pada Maret 2022.

"Kebangkitan Covid-19 di Eropa dapat menyebabkan bank sentral mundur dari ekspektasi kenaikan suku bunga dan masih ada kebutuhan akan emas di lingkungan seperti ini," katanya.

Ibrahim menilai dari Asia Pasifik, pernyataan Perdana Menteri Li Keqiang cukup mempengaruhi rupiah. Hal itu karena China dianggap harus menghindari langkah-langkah ekonomi, seperti kampanye dan agresif bahkan ketika pemulihan ekonomi dari Covid-19 menghadapi tekanan baru ke bawah.

Rupiah ditutup melemah tipis 9 poin ke posisi Rp 14.249 per USD setelah melawan Dolar Amerika Serikat (AS)  pada hari ini, Selasa (23/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close